Saung Tani Rampung, Kades Bagok Harapkan Petani Lebih Semangat

oleh -334 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Melalui Dana Desa (DD), berbagai pembangunan sudah dibangun oleh Pemdes Desa Bagok kecamatan Benua Lima kabupaten Barito Timur (Bartim).

Seperti tahun 2019 ini, Pemdes Bagok sudah merampungkan pembangunan saung atau bangunan untuk pertemuan para petani dengan para penyuluh pertanian Bartim.

“Alhamdulillah DD tahap II ini kita sudah merampungkan pembangunan saung tani,” ujar Kades Bagok Risa Ramayanti saat dibincangi dikantornya, Rabu 25 September 2019.

Baca Juga :   Tidak Ada Saksi Yang Melihat Yandril Menyadap Karet di Arel HGU Perusahaan

Ia mengungkapkan, biaya untuk membangun saung tersebut dananya Rp.60 juta lebih karena bahan untuk membangun saung tersebut menggunakan kayu ulin dan kayu balau, sehingga kualitasnya tidak lagi diragukan.

“Saung yang kita bangun ini volome/atau besarnya 6 kali 6 meter dengan anggaran Rp.60 juta lebih, dan letaknya juga sangat strategis, yakni di hamparan pertanian Desa Bagok,” ucapnya.

Menurutnya, saung tani ini nantinya akan menjadi sarana bagi petani untuk belajar bersama meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pertaniannya.

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Polsek Pahandut Tempelkan Stiker Isoman pada Rumah Pasien Covid-19

Saling berbagi ilmu dan pengalaman dalam mengolah sawahnya. Bagi penyuluh pertanian juga akan lebih mudah untuk mengumpulkan memberikan penyuluhan kepada petani, terutama untuk kegiatan sekolah lapang (SL) bagi petani.

Ditambahkanya, Saung Tani ini juga nantinya akan dijadikan balai pertemuan kelompok tani Desa Bagok untuk membahas segala hal kegiatan pertanian di wilayah Desa Bagok, mulai dari pembahasan pra tanam seperti pembahasan RDKK pupuk bersubsidi, olah tanah, tanam sampai panen dan pasca panen.

Baca Juga :   Cegah Penyebaran Covid-19, Polsek Kapuas Timur Imbau Masyarakat Agar Selalu Patuhi Prokes

“Saya harap dengan adanya saung tani tersebut, ditambah akses jalan yang sudah baik, para petani menjadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam bertani, sehingga pertanian diwilayah Desa Desa Bagok semakin baik dan produktifitas semakin meningkat, sehingga kesejahteraan para petani juga semakin membaik,” pungkasnya (TWN5).