Sebanyak 168 orang Pengawas TPS se-Kecamatan Teweh Tengah di Kukuhkan

TEWENEWS, Muara Teweh – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara (Barut) melantik sedikitnya 168 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)
se-Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah. Kegiatan pengukuhan sekaligus dirangkai dengan pelatihan dilaksanakan di Gedung Balai Antang Muara Teweh, Senin (25/3/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara H. Alamsyah saat memberikan materi pengarahan kepada para PTPS yang mengikuti pelatihan mengatakan, tugas utama seorang PTPS adalah mencegah terjadinya pelanggaran di tempat pemungutan suara.

“Apabila ada permasalahan yang timbul saat proses pemungutan suara, maka harus diupayakan untuk diselesaikan dengan melibatkan KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara, red) dan saksi yang ada di TPS, sedangkan PTPS bertugas mencatat permasalahan yang ada kecuali dimintai pendapat oleh KPPS,” kata Alamsyah.

Sementara Ketua Panwaslu Kecamatan Teweh Tengah, M. Nasution dalam sambutannya usai melantik para pengawas TPS mengharapkan agar PTPS yang sudah dikukuhkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sehingga penyelenggaraan pemilu nantinya dapat berjalan lancar dan sukses.

“Pengawas yang dilantik hari ini berjumlah 168 orang dan tersebar di dua Kelurahan dan delapan desa, perlu saya tekankan untuk para PTPS agar dalam menjalankan tugasnya agar selalu berkoordinasi, tidak arogan dan tidak diskriminatif, harus netral dan yang terpenting memiliki integritas,” tegas Nasution.

Baca Juga :   Orang Tua Kaget Putrinya Hamil Diluar Nikah, Pacaran Kelewat Batas di Tangkap Polisi

Hal senada juga disampaikan Camat Teweh Tengah Heri Jhon Setiawan, menurutnya kegiatan pelantikan ini bukan sekedar acara ceremonial biasa, karena para PTPS yang sudah dilantik ini memiliki tanggung jawab yang besar dalam menyukseskan pemilu tahun 2019 ini.

“Saya ingatkan agar para pengawas ini tidak main-main dalam menjalankan tugas karena sudah mengambil amanah ini, dan tidak memperkeruh suasana dengan postingan-postingan yang berkaitan dengan permasalahan di TPS, sebab pekerjaannya sebagai pengawas ada tatanan yang telah mengaturnya,”tutup Camat.

Pelantikan pengawas TPS ini dilakukan langsung Ketua Panwaslucam Teweh Tengah M. Nasution dihadiri Camat Teweh Tengah Heri Jhon Setiawan, Kapolsek Teweh Tengah AKP Nandi Indra Nugraha SIK, perwakilan Danramil Teweh Tengah, Ketua Bawaslu Barito Utara H. Alamsyah, Komisioner KPU Barito Utara dan diikuti oleh seluruh Pengawas Tempat Pemungutan Suara se-Kecamatan Teweh Tengah.(TWN2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: