Hubungi Kami

NASIONAL

Sebanyak 800 Personil Anggota Polres Cilacap Dan Polsek Mendapat Pembekalan Pelaksanaan Pengamanan TPS

Published

on

TEWENEWS, Cilacap – Dalam rangka memberikan pembekalan anggota yang melaksanakan pengamanan TPS, Polres Cilecap menggelar apel dalam rangka bimbingan teknis pengamanan TPS Operasi Mantap Brata Candi 2018 dalam rangka pemilu Legislatif dan Pilpres 2019 diwilayah Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di Mapolres Cilacap, Senin (8/4/2019).

Kegiatan apel ini diikuti oleh 800 personil Polres Cilacap dan Polsek jajaran yang terlibat dalam pengamanan di TPS. Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto melalui Waka Polres Kompol Hari Sutanto dalam arahnya mengatkan bahwa seluruh personil yang melakukan pengamanan di TPS harus mengetahui tugas dan tanggung jawabnya serta mengenali wilayah dan petugas yang ada di TPS.

Lebih lanjut Waka Polres mengatakan bahwa tugas para personil yang melaksanakan pengamana di tps adalah memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemilih untuk hadir ke tps memberikan suaranya dengan benar dan juga kepada petugas penyelenggara di tps dalam rangka proses pemungutan suara.
“Segera kenali lingkungan dan kordinasikan dengan seluruh petugas TPS” tegas Waka Polres.

Baca Juga :   Pembangun Gapura Koramil 11/Sidareja Dilakukan Secara Swadaya

Dalam bimbingan teknis ini hadir pula Handi Tri Ujiono selaku ketua KPUD Cilacap, Weweng Maretno- anggota KPUD Cilacap serta Bachtiar hastiarso ketua Bawaslu Cilacap.

Dalam kegitan bimbingan teknis tersebut dilakukan simulasi kegiatan pemungutan suara yang diperagakan oleh PPK dan PPS ,linmas Cilacap Utara.
Handi Tri Ujiono ketua KPU Kabupaten Cilacap memamaparkan tentang kewajiban anggota pengamanan yang harus dilakukan di lokasi TPS, menurut nya bahwa petugas Polri tidak diperkenankan masuk kedalam lokasi pemungutan suara kecuali ada permintaan dari petgas TPS jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Untuk hasil pemungutan suara, anggota Polri berkewajiban mengawal kotak suara untuk dikumpulkan di desa atau kelurahan yang kemudian di rekap ditingkat kecamatan.
Dalam Apel tersbut juga dilakuan pengecekan perlengkapan perorangan antara lain tongkat Polri, jas hujan, senter dan buku saku.(Totong/Humas Polres Cilacap)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian