Sei Montallat Meluap, Ruas Jalan Kandui – Tongka di Desa Jaman Terendam Banjir

oleh -104 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Akibat curah hujan yang cukup tinggi di wilayah Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara (Barut) mengakibatkan debit air sungai montallat meluap hingga mulai menggenangi sejumlah titik diruas jalan Kandui – Tongka tepatnya di Desa Jaman pada Kamis (25/11/2021).

“Meskipun masih dalam batas normal, kami dari Koramil 1013-01 Gunung Timang terus memantau setiap perkembang dan kenaikan air sungai guna mengambil langkah antisipasi bila sewaktu-waktu terjadi banjir di wilayah binaan,” kata Babinsa Koramil 1013/01 Gunung Timang, Serda Abdullah.

Dikatakannya, saat ini memang ada kenaikan air sungai sehingga ada beberapa titik akses jalan yang mulai digenangi air hingga mencapai kurang lebih 60 cm.

“Jalan yang tergenang air ini adalah akses yang menghubungkan Kandui-Tongka, dan di Desa Jaman terputus karena genangan banjir, sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan khususnya roda 2,” katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa di sepanjang jalan yang digenangi air telah dibuat rakit dari kayu sebagai alternatif bagi warga yang melintas jalan ini sehingga aktivitas warga masih bisa berjalan seperti biasanya.

“Disini kami juga membantu warga untuk menyeberangkan sepeda motor dan juga berharap ada keperdulian dari semua pihak untuk memperhatikan kondisi jalan ini,” ucapnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat yang melintas melalui rakit ini agar lebih berhati-hati karena rakit ini hanya terbuat dari kayu yang sifatnya sementara.

(AP/Tim)