Semangat Transparansi di Daerah, Kades Tokun di Murung Raya Beber Penggunaan Dana Desa

oleh -100 views

TEWENEWS, Puruk Cahu – Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Tokung, Kecamatan Tanah Siang, Kabupaten Murung Raya, Kalteng, membangun jampatantan dan pengadaan MCK ditiap rumah warga demi terwujudnya masarakat yang sehat dan bebas penyakit di tahun 2019.

Kegiatan yang dibangun Pemdes Desa Tokung antara lain jalan desa cor beton panjang 400 meter, lebar 3 meter, tinggi 20 ceti meter, pengadaan MCK atau WC di tiap rumah warga, dan untuk proggram pemberdayaan masarakat, seperti penyaluran honor tenaga didik TK Paud, honor Rt, dan honor Mantir adat, juga pemberangkatan stap desa dan BPD mengikuti bimtek di Banjar Masin, Kalsel.

Baca Juga :   Kini Desa Pamait Punya Gedung PKK, Infrastruktur Jalan dan Jembatan

Kepala Desa Tokung Pendi, kepada wartawan tewenes.com, mengatakan proggram pemberdayaan masarakat, antara lain dengan memberangkatkan perangkat Pemerintah Desa dan Badan Permusrawatan Desa (BPD), mengikuti Bintek di Banjarmasi Kalimantan Selatan selama 10 hari dari tanggal 6-16 Juni 2019.

Baca Juga :   Bandar Dextro 3,640 Butir di Mura Tak Berkutik Digulung Polsek Permata Intan

Pendi membeberkan, kegiatan Bintek bertempat, di Jelita Hotel Banjarmasin, jenis kegiatan yang di ikuti yaitu bimbingan tehnis (BINTEK) peningkatan kapasitas aparur desa dan BPD, guna meperluas wawasan dan tingkatan daya memprogramkan pembangunan didesa.

Kapala Desa Tokung juga menyampaikan, pihak pemerintah desa, selalu transparan dengan BPD di desa, sehingga apapun permasalah manyangkut pembangunan desa, kami bersama mereka BPD selalu rembuk dan duduk bersama membahas seta menyepakatinya.

Baca Juga :   DPRD Barito Timur, Moratorium Izin Perkebunan Kelapa Sawit tidak Sekadar Kebijakan

” Mengenai pekerjaan jalan desa yang cor beton kami libatkan masarakat yang ikut mengerjakannya laki-laki maupun perempuan, kerna dana yang disalurkan pemerintah kedesa itu milik masarakat bukan punya pemerintah desa, wajar masarakat ikut mengerjakannya,” kata Pendi.(Asmansyah)