Serda Tofik Ngaturohman Bersama Warga Maos Kidul Kerja Bakti Bersihkan Jaringan Irigasi

oleh -22 views

TEWENEWS, Cilacap – Kondisi saluran irigasi yang banyak ditumbuhi rumput dan menimbunnya endapan tanah menyebabkan aliran irigasi di Desa Maos Kidul Kecamatan Maos terhambat sehingga petani mengalami kesulitan dan keterlambatan dalam mendapatkan air karena aliran air yang kecil.

Menyikapi hal tersebut, Babinsa Maos Kidul Koramil 07/Maos Serda Tofik Ngaturohman bersama warga melaksanakan kerja bakti guna menormalisasikan saluran irigasi sepanjang 1.513 meter yang ada di Desa Maos Kidul Kecamatan Maos, Jum’at (28/6/2019).

Baca Juga :   Gunakan Spanduk, Polsek Pulau Petak Himbau Warganya Menerapkan 3M

Disela sela kegiatannya, Serda Tofik Ngaturohman menjelaskan bahwa kegiatan normalisasi saluran irigasi ini guna membersihkan sampah atau rumput liar yang menutupi sungai dan mengangkat endapan tanah sehingga memperlancar aliran air yang masuk ke area persawahan. Harapannya mampu memberikan suplai air secara maksimal dan menjamin kebutuhan tanaman padi untuk tumbuh normal tanpa kekurangan pengairan.

Baca Juga :   Kabar Gembira !!! Tahun 2020, TNI AD Akan Rekrut 17.264 Prajurit

” Selain itu saya berharap agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkala untuk menjaga saluran irigasi tetap terpelihara sehingga memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat tani,” ujarnya.

Baca Juga :   Jelang Ops Ketupat Maung 2021, Polres Serang Kota Gelar Latpraops

Pembersihan yang dilakukan ini tentunya sangat membantu mengurangi sedimen dan rumput maupun sampah di saluran sehingga air menjadi bersih dan lancar. Salah satu warga menuturkan, sangat terbantu dengan adanya pendampingan dari Babinsa. “Semoga air menjadi lebih lancar sampai di sawah kami,” ujar Paiman saat mengikuti pembersihan.(Totong)