Setubuhi Anak di Bawah Umur, Pemuda Desa Hajak Ini Ditangkap Polisi

oleh -362 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Unit PPA dan Resmob Satuan Reskrim Polres Barito Utara, kembali meringkus pelaku persetubuhan terhadap anak di bawah umur. Yuyu Efendi (31) warga Jalan Mangku Tala, Rt.004, Desa Hajak, Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Kalteng. Ia ditangkap pada hari Minggu tanggal 16 Juni 2019 pukul 13.30 WIB, di Pelabuhan Pasar Pendopo Jalan Sengaji Hulu, Kelurahan Melayu,

Penangkapan yang dilakukan berdasarkan Laporan Polisi Nomor: LP/79/VI/Res.1.24/2019/Polda Kalteng/Polres Barut, tanggal 8 Juni 2019 tentang telah terjadinya tindak pidana Perlindungan Anak (Melakukan persetubuhan atau cabul terhadap anak dibawah umur), dengan korban atas nama Bunga (nama samaran_red)  yang peristiwanya terjadi pada sekitar bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan April 2019 di rumah barak Jalan Wonorejo.

“Anggota kami sudah menangkap Yuyu, karena diduga telah melakukan persetubuhan terhadap korban Bunga,” kata Kasat Reskrim Polres AKP Samsul Bahri, mewakili Kaoplres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar, Senin (17/6/2019).

Lebih lanjut Kasat memaparkan berdasarkan keterangan tersangka  Yuyu Efendi, bahwa ia menyetubuhi korban sebanyak tiga kali yang sebelum melakukan persetubuhan tersebut terlebih dulu korban diancam dengan kekerasan diantaranya dengan menodongkan pisau ke leher korban.

“Setiap kali tersangka mau menyetubuhi korban terkebih dahulu tersangka melakukan kekerasan terhadap korban, dan apalagi kalau korban menolak, korban akan disiksa dengan menggunakan putung rokok yang masih menyala ditaruh dibagian paha korban, dan pisau digoreskan ke kaki korban dan tersangka juga mengancam korban akan membunuh korban kalau korban menceritakan perbuatan tersebut kepada orang lain,” ungkap AKP Samsul Bahri.

Tersangka Yuyu Efendi, jelas Kasat Reskrim mengunakan pisau yang digunakan tersangka untuk mengancam dan melukai korban adalah merupakan pisau dapur dan pada saat anggota melakukan penggeledahan dirumah tersangka didapatkan satu buah pisau dapur yang diduga digunakan tersangka untuk mengancam dan melukai korban. Selain itu anggota juga menemukan satu lembar celana pendek dan satu lembar celana dalam yang digunakan oleh tersangka pada saat menyetubuhi korban.

“Pasal yang diterapkan kepada tersangka Yuyu Efendi adalah Pasal 81 jo pasal 76D Jo pasal 82 jo pasal 76C UU RI Nomor17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti UU RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas UU RI Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak,” pungkasnya.(Tim)