Siap-siap,320 Rumah Tidak Layak Bakal Direhab

oleh -19 views

TEWENEWS,Muara Teweh – Sebanyak 320 unit rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) atau kurang mampu yang tidak layak huni, tahun 2018 ini akan mendapat bantuan rehab dari pemerintah. Program ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Barito Utara dan program pemerintah pusat melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), untuk membantu masyarakat kurang mampu di Bumi Iya Mulik Bengkang Turan, sehingga mereka bisa menghuni rumah yang lebih layak.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (DPRKPP),Yaser Arapat didampingi Kepala Bidang Perumahan Rakyat DPRKPP,Hasan Basri mengatakan, tahun anggaran 2018 ini ada sebanyak 320 buah rumah warga kurang mampu yang mendapat bantuan rehab dari pemerintah.

Baca Juga :   Satker Penyediaan Perumahan Gelar Rakor Pokja PKP

Dari total 320 buah rumah tersebut yang pendanaanya bersumber dari APBN melalui program peningkatan kualitas perumahan ada sebanyak 270 buah rumah tidak layak huni, bagi MBR. Sementara yang pendanaanya bersumber dari APBD Kabupaten melalui DPRKPP, dengan program pengembangan perumahan kegiatan stimulasi pembangunan perumahan masyarakat tidak mampu sebanyak 50 buah rumah.

Baca Juga :   Rumah Reot Milik Mbah Adih, Dibongkar Paksa Oleh TNI

“Anggaran untuk pelaksanaan program ini yakni bersumber dari APBN sebesar Rp 4 miliar lebih, pada sembilan kelurahan dan desa yang ada di daerah ini dan yang melalui anggaran APBD Kabupaten sebesar Rp 1 Miliar, tersebar di sembilan wilayah kecamatan  se Batara” ungkap Yaser di Muara Teweh.

Disampaikannya, bahwa tujuan pemerintah melaksanakan kegiatan ini, yakni membantu masyarakat kurang mampu atau MBR, meningkatkan kualitas rumah yang dihuninya yakni yang semula kondisinya kurang layak menjadi layak huni. Program ini juga sesuai dengan visi-misi Pemkab Barut yakni terwujudnya percepaan pembangunan di berbagai bidang, serta peningkatan ekonomi masyarakat secara berkeadilan menuju Kabupaten Barut yang lestari dan sejahtera.

Baca Juga :   Ini Visi dan Misi Nadalsyah - Sugianto Panala Putra dalam Melanjutkan Pembangunan di Barut

“Kami juga mengharap peran aktif dari aparatur Kecamatan, Kelurahan, Kelurahan dan desa, baik mengenai informasi maupun data masyarakat penerima bantuan, demi berhasilnya pelaksanaan program bantuan perbaikan rumah ini di lapangan,” tandasnya.(as