Hubungi Kami

BARITO UTARA

Siswa SMKN-1 Muara Teweh, Sudah Pandai Bikin Bahan Bangunan

Published

on

TEWENEWS, Muara Teweh – Siapa bilang lulusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri-1 (SMKN-1) Muara Teweh, Barito Utara (Barut) tidak siap pakai. Khususnya Jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti, kini siswanya sudah pandai bikin bahan bangunan, Batako.

“Batako material alternatif untuk membuat dinding selain batu bata atau bata ringan. Batako dibuat dari campuran semen dan pasir kasar, dicetak dipadatkan,” ungkap Tedy, siswa kelas XII SMKN-1 Muara Teweh, disela pembuatan Batako, Rabu (3/4/2019).

Tedy tidak sendirian menyelesaikan pekerjaan membuat Batako. Sebelum dimasukan dalam cetakan, tiga orang temannya laki-laki dan perempuan, membantu mengaduk bahan semen, pasir dan air, hingga rata.

Bahan Batako itu, untuk bahan membuat bak tempat penampungan sampah di lingkungan sekolah mereka. Mereka tampak asyik dengan pekerjaannya, bahkan seakan tak hirau dengan lalulalang siswa lainnya, yang hendak pulang sekolah.

Baca Juga :   Wakil Bupati Bartim Lepas 105 Khafilah STQ

SMKN-1 Muara Teweh sendiri, merupakan sekolah kejuruan pertama di Kabupaten Barut. Seiring perkembangannya, kini tersedia lima jurusan, yang sudah tentu lulusannya bisa diandakan oleh para pelaku dunia usaha di Barut.

Selain Jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti, juga ada Jurusan Akuntansi Keuangan Lembaga, Jurusan Otomatisasi Tatakelola Perkantoran, Jurusan Bisnis Daring Pemasaran dan Jurusan Multimedia.

“Siswa belajar teori dan langsung dipraktekan. Mereka juga menghadapi uji kompetensi kejuruan tanggal 1-5 April 2019,” kata Muhajirin, Guru SMKN-1 Muara Teweh, disela kegiatan praktek siswa, Rabu siang.

Hasil uji Kompetensi Menjadi Indikator ketercapaian Standar Kompetensi Kelulusan. Kurikulum dikembangkan dan dilaksanakan menggunakan pendekatan berbasis kompetensi. (Tim)

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian