Siswa SMKN-1 Muara Teweh, Sudah Pandai Bikin Bahan Bangunan

oleh -5 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Siapa bilang lulusan siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri-1 (SMKN-1) Muara Teweh, Barito Utara (Barut) tidak siap pakai. Khususnya Jurusan Bisnis Kontruksi dan Properti, kini siswanya sudah pandai bikin bahan bangunan, Batako.

“Batako material alternatif untuk membuat dinding selain batu bata atau bata ringan. Batako dibuat dari campuran semen dan pasir kasar, dicetak dipadatkan,” ungkap Tedy, siswa kelas XII SMKN-1 Muara Teweh, disela pembuatan Batako, Rabu (3/4/2019).

Baca Juga :   Tumbuhkan kekompakan, Bhabinkamtibmas Kerja Bakti bersama warga

Tedy tidak sendirian menyelesaikan pekerjaan membuat Batako. Sebelum dimasukan dalam cetakan, tiga orang temannya laki-laki dan perempuan, membantu mengaduk bahan semen, pasir dan air, hingga rata.

Baca Juga :   Babinsa dan Forkopincam Wanareja, Tarkim Bersama Warga Desa Madusari

Bahan Batako itu, untuk bahan membuat bak tempat penampungan sampah di lingkungan sekolah mereka. Mereka tampak asyik dengan pekerjaannya, bahkan seakan tak hirau dengan lalulalang siswa lainnya, yang hendak pulang sekolah.

Baca Juga :   Serda Suwarto Harapkan Kepada Kades Yang Udah Di Lantik Agar Amanah, Demi Kemajuan Desa

SMKN-1 Muara Teweh sendiri, merupakan sekolah kejuruan pertama di Kabupaten Barut. Seiring perkembangannya, kini tersedia lima jurusan, yang sudah tentu lulusannya bisa diandakan oleh para pelaku dunia usaha di Barut.