SMP Negeri 9 Muara Teweh Sabet Juara Sekolah Model Tingkat Provinsi Kalteng

oleh -128 views

TEWENEWS, Muara Teweh – SMP Negeri 9 Muara Teweh sabet juara 1 Sekolah model SPMI terbaik tingkat Provinsi Kalimantan Tengah, SMP Negeri 9 merupakan satu dari lima sekolah model yang ditunjuk oleh LPMP untuk mewakili Kabupaten Barito Utara dalam rangka ekspose kegiatan sekolah model tingkat Provinsi.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh LPMP Palangka Raya pada tanggal 27 dan 28 Juli 2019, yang diikuti oleh 62 peserta sekolah model dari perwakilan 13 kabupaten dan 1 kota.

Baca Juga :   Satpolair Polres Kapuas Berikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru

SPMI adalah sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan dalam satuan pendidikan dan dijalankan oleh seluruh komponen satuan pendidikan. Adapun beberapa tujuan SPMI adalah sekolah memahami SNP dan Penjaminan Mutu Pendidikan. Sekolah memiliki komitmen intuk menjalankan Penjaminan mutu dan Meningkatkan Mutu Pendidikan.

Selanjutnya sekolah dapat melakukan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan sesuai dengan BNSP. Sekolah dapat meningkatkan mutu sesuai dengan BSNP. Sekolah model yang ditunjuk dapat memberikan ilmu dan informasi tersebut kepada seluruh pemangku kepentingan baik di dalam maupun di luar sekolah.

Baca Juga :   Gunakan Papan Portable, Polsek Selat Sosialisasikan Pentingnya Protokol Kesehatan Di Keramaian

Sekolah model SPMI adalah sekolah yang ditetapkan dan dibina oleh Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan untuk menjadi sekolah acuan bagi sekolah lain yang ada di sekitarnya dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan secara mandiri dalam menerapkan seluruh siklus penjaminan mutu pendidikan baik secara sistemik, holistik dan berkelanjutan.

Sehingga dapat mencioptakan budaya mutu dan berkembang untuk mengimbaskan praktik baik penerapan penjaminan mutu pendidikan kepada sekolah lain yang berada disekitarnya .

Baca Juga :   Ini Usulan Raperda Dari Pemerintah Daerah ke DPRD Murung Raya

Sekolah model menjadi sekolah percontohan bagi sekolah lain dalam menerapkan pelaksanaan penjaminan mutu secara mandiri dan internal.

“Terima kasih dari kami keluarga besar SMP Negeri 9 Muara Teweh kepada Bapak Bupati Barito Utara dan Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Utara, Bapak Syahmiludin A. Surapati SP beserta jajarannya. Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Muara Teweh, Bapak Samson Sembiring, S.Pd,” kata salah satu pelajar SMP  Muara Teweh. (Anang F)