Soto Batara Kuin, Masuk 10 Besar Kuliner Kalimantan

oleh -365 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Bagi warga Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara mungkin Soto Banjar tak asing lagi di lidah. Namun Soto Banjar sajian rumah makan Soto Batara Kuin terletak di Jalan A Yani atau tepatnya di depan SMPN 1 Muara Teweh masuk 10 besar kuliner di zona Kalimantan.

“Peringkat citra rasa kuliner ini diberikan oleh Tim Penilaian Kuliner Indonesia dari protokoler kenegaraan yang sempat mengunjungi rumah makan kami belum lama ini,” kata owner rumah makan Batara Kuin Hj Ranatha di Muara Teweh, seperti dikutip dari Antara, Selasa.

Dalam penilaian mereka, kata dia, ke rumah makan yang setiap harinya buka mulai pukul 06.00 hingga 22.00 WIB, kecuali Jumat libur ini, Soto Batara Kuin mendapat bintang 4 dari kategori rasa Soto Banjarnya.
Informasi penilain itu kami terima setelah dua bulan dari tim berkunjung ke Muara Teweh, dimana Soto Batar Kuin ini masuk
sepuluh besar kuliner di wilayah Kalimantan.

Soto Batara Kuin, masuk 10 besar kuliner Kalimantan Selasa, 20 Agustus 2019 13:44 WIB Pelanggan menikmati hidangan di rumah makan Soto Batara Kuin Muara Teweh (Istimewa)

“Penilaian itu di antaranya, yang baik dari sisi menu ditawarkan, desain-desain rumah makan yang menarik, maupun layanan yang
diberikan. Semua tergantung selera dan pengalaman dari tim yang pernah dirasakan oleh mereka,” kata Ranata yang merupakan Suku asli Dayak Bakumpai ini dan bersuamikan Imansyah asli dari daerah Kuin, Banjarmasin, ini

Ternyata benar apa dikatakan para pelanggan di rumah makan ini. Soal rasa kuah Soto Banjarnya mengutip dari jargon Bondan Winarno pemerhati kuliner nusantara yang mengatakan “maknyus” setiap kali menyebut kata sangat enak untuk sebuah sajian makanan.

Terkait rasa, menurut Hj Ranatha, jawabannya bisa sangat subyektif. Yang enak dan nikmat untuk orang lain, belum tentu menurut orang lain.

“Saya tidak mau mengatakan sajian makanan kami ini enak, karena penilaian orang bisa saja berbeda. Tapi faktanya rumah makan kami selalu ramai dikunjungi pelanggan,” ujarnya.

Sangat beruntung, pembeli bisa berkesempatan langsung dilayani Hj Ranatha. Pensiunan ASN Dinas Pendidikan Barito Utara itu dengan cekatan menyajikan sepiring nasi dan sepiring Soto Banjar ke meja.

“Silakan dinikmati Soto Batara Kuin dari hasil kreasi racikan bumbu rahasia saya,” ujarnya sambil menyuguhkan sepiring Soto
Banjar plus sepiring nasi.

Sekadar diketahui, Soto Batara Kuin sudah hampir 1 tahun melayani penikmat kuliner di daerah ini atau tepatnya buka pada 20 September 2018.

“Insya Allah, kami berencana membuka cabang di Banjarmasin. Tapi masih mencari lokasi tempat yang cocok untuk rumah makan,” ujarnya.

Rumah makan ini menyediakan berbagai macam kuliner Khas Banjar, di antaranya, Soto Batara Kuin plus sayap ayam kampung, Sop Batara Kuin plus paha ayam kampung, Gado-gado ala Batara Kuin, Rawon Sobatku, Sup Iga Sapi, Iga Bakar, Sup Ceker Ayam Ras dan Kampung dan jenis kuliner lainnya.(Tim)