Study wawasan Hima Hukum Ekonomi Syariah IAIN Madura Mengunjungi Kantor Mahkamah Agung

oleh -99 views

TEWENEWS, Jakarta – Hima Hukum Ekonomi Syariah IAIN Madura berkunjung ke kantor Mahkamah Agung (MA) untuk bertukar berpikiran dan berdiskusi tentang Hukum Kekuasaan di Indonesia, Selasa (30/4/2019)

Study wawasan ini merupakan momentum terakhir di kepengurusan Hima Hukum Ekonomi Syariah IAIN Madura, sehingga terasa penting untuk berkunjung ke MA. Study wawasan ini bertema “Kompetensi Mahkamah Agung Dalam menyelesaikan sengketa Ekonomi Syariah”.

Study wawasan ini di hadiri 55 orang Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah IAIN Madura dan Pihak Mahkamah Agung. Dalam hal ini ketua MA tidak bisa menemani adek-adek Mahasiswa IAIN Madura karena ada kepentingan lain. Ucap Bapak Abdul Ghani (Ketua Panitera Muda Perdata Agama) sekaligus mewakili.

Bapak Ghani (Ketua Panitera Muda Perdata Agama) menyampaikan sedikit tentang MA dan tupoksi masing-masing Struktural di MA. Inti dari materi tersebut bahwa MA adalah kekuasaan tertinggi di sistem pemerintahan, dan juga MA mempunyai empat bawahan peradilan yakni peradilan Umum, peradilan agama, peradilan militer dan peradilan tata usaha negara.

Sangat luar biasa karena kita selaku mahasiswa tidak hanya mempelajari teori di perkuliahan saja, tetapi seharusnya sebagai mahasiswa juga harus langsung terjun dan mempraktekkan teori yang telah dipelajari di perkuliahan serta bisa terjun langsung ke lapangan dan menemui instansi yang bertugas seperti MA.

Harapan dari saya setelah study wawasan ke MA saya berharap semua mahasiswa yang menghadiri acara tersebut memiliki motivasi dan impian untuk menjadi pegawai dibidang Hukum sesuai dengan tupoksinya. Ucap Nur Ina Alfiyah Utami (Mahasiswi Hukum Ekonomi Syariah 16).

Muhammad Nuril Anwar (Ketua Hima Hukum Ekonomi Syariah IAIN Madura) Menambahkan harapan dan bentuk semangat untuk temen-temen seperjuangan bahwa dengan adanya acara study wawasan ini mampu memberikan suasana baru terhadap kegiatan pengembangan SDM Mahasiswa IAIN madura khususnya Mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah. Agar kedepannya bisa tau bagaimana rasanya belajar langsung dari lembaga tertinggi Hukum di negara ini yakni MA. (RIEQ)