Sugianto Panala Putra : Koneksi Listrik Tenaga Gas 63,7 Persen, 37 Desa Berproses

oleh -49 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Bangkanai, sudah 63,7 persen memasok energi kepada pelanggan di Kabupaten Barito Utara ( Barut), KalTeng. Gas itu berasal dari wilayah Barut, tapi masih 37 desa belum terjangkau energi milik BUMN tersebut.

Progres koneksi kabel jaringan energi PLTMG Bangkanai itu, diungkap oleh Wakil Bupati Barut, Sugianto Panala Putra, saat menerima kunjungan kerja anggota Komisi VII DPR RI Dapil Kalteng, Ir.Willy M Yoseph, MM, di Muara Teweh, Jumat (21/2).

“Sudah 66 desa dan kelurahan yang kini telah dialiri listrik tenaga gas dari Bangkanai, Kecamatan Lahei. Dengan begitu, 37 desa lainnya belum tapi masih berproses. Nanti juga seluruh wilayah desa/kelurahan di Barut akan terang benderang,” jelas Sugianto.

Seperti diketahui, energi gas bumi PLTMG dihasilkan dari blok Bangkanai, dipedalaman Kecamatan Lahei, Barut. Potensi gas itu dikelola Ophir Medco, sudah dipasok sejak 2016 silam. Namun sejauh ini, jaringan energi gas belum menjangkau seluruh pelanggan di Barut.

Menurut dia, Sugianto, sebagai daerah penghasil tambang gas Bangkanai di Karendan, sewajarnya Pemkab Barut terus berupaya agar semua desa di daerah setempat diterangi listrik PLTMG.Untuk itu, pihaknya butuh dukungan semua pihak, tidak terkecuali support dari anggota DPR RI Dapil Kalteng.

“Energi dari PLTMG sudah terkoneksi hingga ke wilayah Kalimantan Selatan dan Kaliman Timur. Disini Barut sebagai daerah penghasil tambang gas, akan bekerja keras memperjuangkan hak warga, sampai nanti 100 persen desa terkoneksi energi PLTMG Bangkai,” kata Sugianto.

Disisi lain, Aggota DPR RI, Willy M Yoseph, menambahkan, tujuan Kunker untuk menambah wawasan mengenai mekanisme sistem kerja Pemkab Barut, khususnya tata kelola sumber daya alam seperti emas, batu bara, dan gas.

Karenanya? Willy minta perusahaan atau usaha swasta, melakukan pemerataan timbal balik bagi masyarakat. Tidak hanya mengambil keuntungan banyak dari sumber daya alam sekitar, tetapi bersinergi dengan meningkatkan kemakmuran sumber daya manusia setempat.

Pada pertemuan kunker Anggota DPR RI, Willy M Yoseph, hadir pula Ketua DPRD Barito Utara Hj Mery Rukaini, Wakil Ketua I Permana Setiawan dan Wakil Ketua II Sastra Jaya, Sekda Jainal Abidin dan pejabat lainnya. (Tim)