Supardi Harapkan Ada Kepedulian Dari Penambang

oleh -30 views

TEWENEWS, Tamiyang Layang – Melimpah ruahnya sumber daya alam (SDA) Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah Kabupaten Barito Timur, Kalteng nampaknya tidak membuat masyarakat ditempat itu sejahtera.

Desa Sumber Garunggung yang diketahui mempunyai kekayaan alam seperti Batu Bara tak membuat desa itu maju. Bahkan karena melimpahnya batu bara ditempat itu banyak penambang yang diduga ilegal menambang didesa tersebut sehingga berdampak pada sektor pertanian yang diduga tercemar karena limbah batu bara.

Kekayaan alam Desa Sumber Garunggung hanyalah menjadi lambang saja tetapi tidak pernah dirasakan masyarakat hasilnya. Hanya orang – orang tertentu saja yang menikmatinya.

Kepala Desa Sumber Garunggung Supardi mengatakan, kekayaan alam seperti batu bara didesanya memang melimpah ruah. Namun hasilnya tidak tau kemana. Tidak pernah ada kepedulian kepada masyarakat dari yang mengambilnya

“SDA disini memang melimpah ruah, namun hasilnya tidak tau. Malah adanya keberadaan penambang tersebut membuat jalan kami hancur dan sungai kami menjadi tercemar diduga karena limbah batu bara” ujar Supardi belum lama ini.

Menurutnya, keberadaan aktifitas penambang didesa itu hanyalah merugikan bagi masyarakat Desa Sumber Garunggung.

“Sampai saat ini tidak ada kepedulian dari para penambang/yang mengambil hasil kekayaan alam seperti batu bara. Baik itu CSR maupun bantuan lainya kepada masyarakat kami,” ungkapnya.

Dirinya memaparkan, pembangunan yang berdiri saat ini di Desa Sumber Garunggung merupakan dari program Dana Desa dari pemerintah pusat.

“Pembangunan yang berdiri maupun yang sedang berjalan disini semuanya berasal dari Dana Desa dan Alokasi Dana Desa. Sedangkan bantuan dari pihak penambang sampai saat ini tidak ada,” tutupnya. (TWN5).