Tak Mau Terlibat Politik Praktis, Managemen PT. BEK Nyatakan Netral pada Pilkades di Teweh Timur

oleh -84 views

TEWENEWS, Barito Utara – Salah satu anak usaha dari PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITM), PT Bharinto Ekatama (BEK) yang beroperasi di wilayah Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyatakan netral pada pemilihan Kepala Desa Benangin I, II dan V yang dilaksanakan pada 19 Mei 2022.

Hal itu disampaikan Hirung selaku Head External Relations didampingi Agustinus Sebagai External Relations Cluster Head, Suriadi sebagai Central Kalimantan Coordinator Area, Edy Sudarmi sebagai Central Kalimantan Land Management dan Wahyu Firanto Setiono sebagai East Kalimantan Coordinator Area yang mewakili manajemen BEK langsung datang ke Muara Teweh, Rabu (11/5).

Menurutnya, bahwa pihak BEK tidak memihak kepada siapapun calon kades. Demikian pula siapapun yang terpilih nanti, pihaknya siap bekerjasama dalam upaya membangun ketiga desa tersebut.

Hal ini sejalan dengan kebijakan ITM sebagai induk usaha untuk tidak terlibat dalam politik praktis di manapun anak usaha beroperasi. Hal ini tertuang dalam Pedoman Perilaku Perusahaan yang berlaku.

“Perusahaan tidak ingin terlibat politik praktis, oleh sebab itu siapapun yang terpilih nanti kami siap bekerjasama,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan, bahwa memang banyak karyawan lokal BEK yang berasal atau berdomisili di Desa Benangin, baik di Desa Benangin I, Benagin II, dan Benangin V. Tetapi hal itu adalah bersifat individu pribadi masing-masing dan perusahaan tidak bisa melarang untuk memberi dukungan pada saat pemilihan yang sesuai hati nurani mereka.

Karena itu adalah kebebasan berdemokrasi dalam menentukan pilihan.

“Namun secara institusional, perusahaan tidak boleh memberikan dukungan atau memihak kepada calon kades manapun yang bersaing saat ini,” bebernya.

Karena siapapun calonnya semua dianggap baik dan menjadi potensial mitra kerja dalam melaksanakan program pembangunan yang ada di wilayah Ring I desa binaan Perusahaan.

“Sekali lagi kami tidak ingin terlibat politik praktis, karena keberadaan perusahaan ini tidak hanya mengejar profit, tetapi juga turut serta dalam membangun daerah dengan memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat sekitar,” tandasnya.

(AP/Tim)