Temuan Situs Batu Bata Kuno di Dusun Sambeng, Mulai di Ekskavasi

oleh -72 views

TEWENEWS, Mojosari – Temuan situs di Dusun Sambeng, Desa Belahantengah, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto mulai diekskavasi, Kamis kemarin hingga hari ini, Jumat (14/12/2018).

Rencananya proses ekskavasi berlangsung selama 10 hari ke depan. Hal itu bertujuan untuk segera melihat bagaimana bentuk situs dan struktur batu bata kuno tersebut.

Baca Juga :   Berikan Pelayanan Kepada Masyarakat, Satlantas Polres Gumas Lakukan Pengaturan

Pengkaji Cagar Budaya Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim Wicaksono mengatakan sebelumnya memang telah dilakukan pembuatan grid. Itu untuk penentuan titik-titik kotak gali persiapan ekskavasi hari ini.

Dia mengungkapkan, strategi dari kajian saat ini adalah BPCB akan membuka titik yang ada di sebelah utara dari jalan pembatas di dalam tempat pembuangan akhir (TPA) milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mojokerto.

Baca Juga :   Sambangi Warga, Bhabinkamtibmas Polsek Sukamara Sampaikan Imbauan Prokes

Selain itu, survei permukaan juga dilakukan oleh masyarakat setempat dan komunitas Genta Majapahit. Hasilnya, V beberapa titik baru. Ternyata tidak hanya titik yang kemarin saja. Ada titik-titik baru persebaran dari tinggalan cagar budaya yang di area TPA ini.

Baca Juga :   Polsek Tingkatkan Patroli Malam Ke Pemukiman Penduduk Dan Ops Yustisi Cegah Gangguan Kamtibmas Serta Putus Rantai Covid 19

Wicaksono menambahkan, bila nanti ekskavasi di sisi utara selesai, pihaknya akan membuka titik-titik yang barangkali potensial. Selanjutnya dilakukan studi kebijakan oleh Disparpora Kabupaten Mojokerto terkait dengan pengelolaan dan pemanfaatan situs ke depan.(Joko)