Terdakwa Karhutla, Antonius di Vonis Satu Tahun Penjara Oleh Pengadilan Negeri Muara Teweh

oleh -85 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Terdakwa pembakaran hutan dan lahan (karhutla), Antonius dijatuhi hukuman 1 tahun. Vonis itu 10 bulan lebih berat dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang hanya menuntut terdakwa 2 bulan penjara.

Putusan yang dijatuhkan di Pengadilan Negeri Muara Teweh, Senin (2/3/2020) untuk warga Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah membuat resah pihak keluarga dan beberapa organisasi.

Majelis hakim yang diketuai Cipto Hosari Parsaoran Nababan SH MH memutuskan  terpidana bersalah dengan bahkan putusan hukuman setahun penjara.

Pada sidang sebelumnya, JPU Barito Utara menuntut terpidana 2 bulan penjara dan subsider Rp 500 ribu. Ini jauh berbeda dengan putusan hakim. Selain divonis 1 tahun subsider Rp 50 juta atau tambahan hukuman 3 bulan penjara.

Majelis hakim menilai hal yang memberatkan terpidana Antonius karena selama sidang terkesan berbelit belit serta hal lainnya.

Atas putusan ini terpidana yang didampingi oleh beberapa organisasi kemasyarakatan menyatakan kaget atas putusan hakim tersebut.(Tim)