Terduga Teroris Kelompok Uzla Pengikut ISIS di Kalteng, DPO Mabes Polri

oleh -92 views

TEWENEWS, Palangkaraya – Polisi Daerah (Polda) Kalimantan Tengah dan Tim Densus 88 Anti Teror  telah menuntaskan penangkapan terhadap sejumlah terduga teroris yang tinggal di wilayah Kalteng. Tercatat, ada  33 orang yang berhasil diamankan dari dua tempat yakni Palangka Raya dan Kabupaten Gunung Mas. Mereka terdiri dari pria dewasa, perempuan dan anak-anak.

Kapolda Kalteng Irjend Pol Anang Revandoko mengatakan, mereka merupakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) dengan sel jaringan Uzla yang mampu membuat bom berdaya ledak tinggi . Bahkan dua diantaranya P dan A, telah ditetapkan tersangka karena merupakan DPO tim Densus 88.

“Uzla yang kita kenal dengan bahasa mengasingan diri, pelaku kita kenal dengan inisial P dan A merupakan sisa dari kelompok Akuhamsah perakit bom yang ada di Gunung Salak Aceh, yang tergabung dengan kelompok JAD yang sudah dibayat, sumpah setia kepada Abubakar Al bahdi yang merupakan pimpinan ISIS di Irak dan suriah yang mana tujuan mereka adalah merubah ideologi NKRI menjadi Negara Khilafah,”ungkap Anang Revandoko kepada awak media saat konfrensi pers di Mapolda Kalteng, Selasa (11/6/2019).

Di Kalimantan Tengah, papar Kapolda sudah ada beberapa kelompok dari Aceh dan satu lagi dari Makasar, ini merupakan keberhasilan bersama dari Tim Densus 88 dan Tim Polda Kalteng bersama dengan BIN dan dibantu oleh tokoh-tokoh yang ada di sehingga kalteng bisa mengamankan kelompok terduga pelaku teroris yang juga merupakan DPO dari Polri yang mana pelaku sudah melakukan pelatihan di Aceh.

“Analisa Densus 88 Polri bahwa mereka sudah menargetkan untuk Kalimantan Tengah, merupakan tempat untuk pengasingan diri dan upaya pelatihan dan pencari logistik yang di undang seseorang, yang mana seseorang ini masih kita selidiki,” katanya.

Untuk sementara Pelaku yang telah di amankan ada beberapa orang termasuk anak kecil dan yang dua Pelaku inisial P dan A sudah pasti dengan jumlah 33 orang yang kita amankan, yang mana pelaku diamankan pada penangkapan di Jalan Pinus Permai, Kota Palangka Raya dan di Kabupaten Gumas.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Kalteng, Kabinda Provinsi Kalteng, Kasrem 102/Panjung, Wakajati Provinsi Kalteng, Ketua MUI, PJU Polda Kalteng dan Kapolres Palangka Raya.(Sofian Hadi/Jay)