Terungkap RD Akui Kirim Kayu Ilegal 2-3 Kali Sebulan

oleh -146 views

TEWENEWS,Muara Teweh –  Pelaku  penyelundupan illegal loging RD warga Jambu yang berhasil di amankan jajaran Polres Barito Utara, ternyata bukan orang  baru berkecimpung dalam bisnis kayu illegal.

Kapolres Barut AKBP Dostan Matheus Siregar melalui kasatreskrim AKP Samsul Bahri pada saat press release, di Halaman Polres setempat, Senin (16/4) lalu menyampaikan,pelaku merupakan pemain lama yang sudah berpengalaman dalam bisnis kayu illegal ini.

Baca Juga :   Saat Patroli Tim TEMBAK Polres Kampar Temukan Pasangan Kekasih Bawa Narkoba di Wisma

“Dari  pengakuan tersangka  bahwa dirinya sudah sering membawa kayu untuk di antarkan keluar daerah.” Pelaku memang merupakan pemain lama,sebab  dirinya mampu membawa kayu illegal  2-3 kali dalam sebulan dengan tujuan desa patas Barito Selatan,”ujar samsul.

Sebelumnya jajaran Polres Barito Utara berhasil mengamankan, sebuah Truk bermutan kayu dengan nopol Polisi AA 1307 KD yang di kemudikan oleh RD Warga jambu.

Baca Juga :   Polsek Siak Hulu Tangkap Pemuda Belia ini Atas Kasus Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur

Kemudian petugas  menanyakan kelengkapan dokumen kepada RD yang saat itu membawa kayu bermuatan 8 kubuk dari berbagai jenis ukuran,yang rencananya akan di bawa ke desa Patas.

“Namun RD tidak dapat menunjukan kelengkapan dokumenya, sehingga  ahirnya   RD kita amankan beserta barang bukti   ke Polres Barito Utara untuk dilakukan pemeriksaan,”ungkapnya.

Samsul juga mengungkapkan, pelaku memang bisa di angap pemain lama  sebab sudah sering melakukan pengiriman yakni 2 sampai 3 kali  dalam sebulan. “Sementara, dari pengakuan tersangka pengiriman  kayu kayu ini paling jauh sampai daerah Patas, dengan ukuran dengan kayu yang di bawa berjumlah 8 kubik, dengan berbagai ukuran,”jelas Kasat.

Ditambahkanya, bahwa untuk tersangka RD akan di kenakan UU No 18 tahun 2013 pasal 83 ayat (1) dengan ancaman hukuman llima tahun penjara.(BBG)