Tiga Desa Dilaporkan ke Inspektorat Barut, Salah Satunya Desa Karendan

oleh -1.032 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Maraknya penyalahgunaan Dana Desa (DD) dan Dana Corporate Social Responsibility (CSR) di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Memantik laporan dari masyarakat desa setempat.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Inspektorat Barito Utara saat dikonfirmasi tewenews.com terkait laporan kepada perangkat desa yang diduga melakukan penyalahgunaan DD dan Dana CSR di wilayah Kabupaten Barito Utara.

“Ya benar ada tiga laporan masuk kepada kami Inspektorat Barito Utara, Diantaranya Desa Karendan, Desa Muara Pari dan Desa Liang Naga,” ujar Kepala Inspektorat Barito Utara, Drs. Elpi Epanop, di ruang kerjanya Selasa (13/4/2021).

Elpi Epanop juga menyampaikan, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan dari beberapa desa terkait penyalahgunaan DD dan Dana CSR.

Diketahui Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Karendan, Kecamatan Lahei Telah melayangkan surat kepada kepala Inspektorat Kabupaten Barito Utara perihal permohonan pemeriksaan khusus dengan nomor surat 01/BPD/BK/23/IV/2021.

Adapun Isinya surat tersebut mengenai pembangunan jalan Desa Karendan yang bersumber dari APBDes tahun anggaran 2020, Program CSR dari PT. Ophir Indonesia (Bangkanai) LTD jenis pekerjaan pembangunan sarana air bersih, Dana PMDH dari PT. Wana Inti Kahuripan Intiga (WIKI) untuk pembangunan sarana Komunikasi (Tower Sinyal).

Surat yang ditandatangani oleh Ketua BPD Desa Karendan Samlanor tersebut, memohon untuk dilakukan pemeriksaan khusus oleh Inspektorat Kabupaten Barito Utara. Pemeriksaan khusus dimaksud bertujuan untuk membuktikan ada atau tidak potensi kerugian negara yang berkaitan dengan penggunaan anggaran Alokasi Dana Desa/ Dana Desa (ADD/DD) maupun dana CSR dan dana PMDH.

Surat tersebut juga ditembuskan kepada Bupati Barito Utara, Kapolda Kalteng, Kejati Kalteng, Kepala Kejaksaan Negeri Barito Utara, Kadis Sosial PMD Barito Utara, Serta Camat Lahei. (Iskandar)

Baca Juga :   Gak Enak Lihat Sungai Ini dari Atas Jembatan, Apalagi dari Bawah