Tim Pemenangan Haji Denny-Difri Laksanakan Pelatihan Saksi TPS

oleh -147 views

TEWENEWS, BANJARBARU – Dalam upaya meminimalisir dan mencegah adanya kecurangan saat pencoblosan sampai perhitungan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Kalsel 9 Juni 2021, maka Tim Pemenangan Haji Denny-Difri (H2D) yang tergabung dalam Tim 8 Propinsi melaksanakan pelatihan saksi pada para relawan saksi yang berlangsung di Posko Markas Besar(Mabes) H2D yang berada di Jalan A Yani kilometer 33 Banjarbaru, Rabu (26/5/2021)

Koordinator Tim Relawan H2D Propinsi, Rachmadi Engot mengatakan bahwa kegiatan hari ini adalah pelatihan relawan saksi yang pertama dari 15 titik dari seluruh wilayah PSU yang akan diadakan pelatihan saksi H2D.

“Mulai besok dan selanjutnya pelatihan akan dilaksanakan setiap hari di berbagai tempat. Dari seluruh titik itu ada beberapa titik yang kemungkinan dilaksanakan sehari dua titik,” terang Rachmadi yang juga akrab dipanggil pak Engot ini.

Baca Juga :   Kampanyekan Prokes, Sat Lantas Polres Kotim Rutin Bagikan Masker Di Akhir Pekan

Dengan adanya pelatihan ini Pak Engot berharap agar saksi-saksi yang diterjunkan ke lapangan memiliki satu pemahaman bahwa peranan seorang saksi sangat penting dan menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan PSU di TPS masing-masing.

Anggota tim 8 dari partai Demokrat Hairun Nisa mengatakan bahwa pelatihan ini gunanya untuk para saksi di TPS sehingga bisa bersuara apabila ada kecurangan atau keganjilan yang terjadi di TPS.

“Step by step apa disampaikan oleh yang disampaikan oleh yang memberikan pelatihan disini bisa dimengerti dan diterapkan nanti saat di TPS,” jelas Sekretaris Partai Demokrat Kalsel ini sembari berharap bisa sukses di PSU ini dengan memenangkan pasangan Haji Denny-Difri di tiga kabupaten kota.

Baca Juga :   Tidak Kunjung Hilang Pandemi Covid 19 Satuan Lalu Lintas Polres Kotim Terus Lakukan Sosialisasi Serta Edukasi Prokes Kepada Masyarakat Dipasar

Sementara itu anggota Tim 8 Propinsi lainnya yang juga merupakan Sekretaris Partai Gerindra Kalsel, Ilham Noor disela kegiatan pelatihan mengatakan bahwa kegiatan ini adalah untuk kesiapan tim koalisi, tim relawan ,tim pemenangan dan memaksimalkan peran dan fungsi saksi, mereka dibekali dengan berbagai aturan main yang berlaku, untuk mengidentifikasi semua hal yang terjadi di lapangan.

Ilham Noor berharap dengan pemantapan pelatihan saksi ini di TPS kita tidak mengalami kesulitan dan kekurangan data karena data adalah bagian terpenting dalam proses pengamanan suara.

Baca Juga :   Patroli Gabungan Sat Samapta Polres Kotim, Bubarkan Kerumunan Arena Sabung Ayam

Dijelaskannya juga bahwa untuk saksi, tim H2D mempunyai basis tiap TPS ada 8 saksi , 1 saksi di dalam,7 diluar ditambah saksi relawan saksi pemantau dan relawan lainnya.

“Ayo sama-sama kita kawal PSU ini, pasang mata dan telinga di TPS masing-masing ,kita bersama mengamankan ,memonitor dan kalau ada tindak kecurangan segera laporkan, jangan bertindak sendiri tapi langsung laporkan pada tim hukum yang sudah dibentuk .Kita ingin PSU ini berjalan dengan lancar,aman dan bebas rahasia dan tentunya tidak mencederai demokrasi,” himbau politisi muda ini.
(yan/kan)