Tingkatkan Manajemen Keuangan Bagi UMKM, Disdagkop UKM Bartim Gelar Pelatihan

oleh -31 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop UKM) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, mengadakan pelatihan pengelolaan keuangan, akses permodalan serta pengembangan pemasaran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Plt Kepala Disdagkop UKM Barito Timur, Kariato menjelaskan “Pelatihan diadakan di Desa Turan Amis Kecamatan Raren Batuah, Desa Tuyau Kecamatan Pematang Karau dan Desa Sumber Garunggung Kecamatan Dusun Tengah”, ucapnya di Tamiang Layang, Selasa, 25 Mei 2021.

Adapun pelaksanaan kegiatannya sejak tanggal 20, 24 dan 27 Mei 2021 dengan total peserta 150 orang pelaku UMKM.

“Pelatihan tersebut merupakan bagian dari program pendampingan Disdagkop UKM Barito Timur terhadap pelaku UMKM”, lanjutnya.

Menurutnya, selama ini UMKM berperan sangat besar dalam kegiatan ekonomi masyarakat, namun berbagai permasalahan muncul seiring dengan perkembangannya.

“Permasalahan yang paling mendasar adalah rendahnya produktivitas yang disebabkan oleh rendahnya kualitas sumber daya manusia salah satunya dalam bidang manajemen”, tuturnya.

Oleh sebab itu pelatihan tersebut ditujukan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu, kompetensi pelaku UMKM terkait manajemen keuangan agar dapat digunakan sebagai penunjang selama berusaha serta untuk mendapatkan informasi aktual terkait akses permodalan dan bagaimana pemasaran produk dapat diimplementasikan di saat Pandemi Covid-19.

Sementara Kabid Bina UMKM Disdagkop UKM, Christian Pantamei menambahkan kegiatan pelatihan dilaksanakan di desa karena program tersebut sudah terkonsep kegiatan pendahuluan yang telah dilaksanakan pada masing-masing desa seperti inventarisasi data usulan para pelaku usaha mikro untuk program BPUM tahun 2021.

“Ini sekaligus mencoba mewujudkan arahan Bupati Barito Timur agar sasaran kegiatan yang telah terprogram dimulai pada level yang paling bawah yakni desa”, pungkasnya (Ahmad Fahrizali)