Tingkatkan Perekonomian Masyarakat Pemdes Kupang Bersih Lanjutkan pembangunan Titian Usaha Tani

oleh -21 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur terus berupaya meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Salah satunya dengan melanjutkan pembangunan Titian Usaha Tani Amu di desa tersebut. Pasalnya Titian Usaha Tani Amu merupakan akses masyarakat setempat menuju swah dan kebun.

“Kita berharap dengan terbangunya Titian Usaha Tani Amu ini bisa bermanfaat. Masyarakat bisa sering ke sawah dan kebun karena titianya sudah baik. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Pada akhirnya masyarakat mendapatkan kesejahteraan,” kata Kepala Desa Kupang Bersih Alpiansyah Kamis 9 September 2021.

Dijelaskan Alpiansyah, pembangunan Titian Usaha Tani Amu ini menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2021. Panjang titian 80 meter dengan lebar 1,3 meter, ”Lokasi pembangunan di Kupang Bersih RT 03,” kata Alpiansyah.

Lebih jauh Kades Kupang Bersih memaparkan, biaya pembangunan Titian Usaha Tani Amu sebesar Rp.133.608.000,-.(Seratus Tiga Puluh Tiga Juta Enam Ratus Delapan Ribu Rupiah). Pekerjaanya dengan sistem padat karya tunai desa (PKTD).

”Kita libatkan masyarakat Kupang Bersih untuk mengerjakan titian tersebut. Waktu pelaksanaan pekerjaan 90 hari kalinder,” papar Alpiansyah.

Kepala Desa Kupang Bersih mengatakan baru-baru ini, pihaknya mendapat kunjungan dari Tim Monitoring dan Evaluasi Penggunaan Dana Desa dari Kecamatan Pematang Karau. Tim tersebut dipimpin oleh Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taty Hariaty, SP, MM.

Tujuan tim ke lapangan untuk memastikan pembangunan Titian Usaha Tani Amu sudah dikerjakan dengan kualitas perkerjaan sesuai ketentuan yang berlaku.

(Ahmad/wayan cakre-diskominfops).