Tuduhan Kaur Keuangan Desa Benangen 2, Dijawab Kades Sabarson

oleh -136 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Adanya keluhan dari Kaur keuangan Desa Benangin 2, Yohanes Darwin yang tidak pernah dilibatkan untuk tanda tangan SPJ Dana Desa dari tahun 2015 sampai 2018, ia juga mempertanyakan uang dana Bumdes. Begini kata Kades Benangen 2, Sabarson ?

“Saya kira tidak benar apabila ada tudahan memalsukan tanda tangan Kaur Keuangan, Yohanes Darwin. Karena sejak awal tahun 2017 sampai  2018, selama 2 tahun bendahara desa itu dijabat oleh staf Kaur Keuangan jadi bukan oleh Kaur Keuangan,” ujar Sabarson, melalui pesan whatsApp, kepada tewenews.com, Sabtu (26/1/2019).

Lebih lanjut di utarakannya, dalam surat pertanggungjawaban, tidak ada tanda tangan Kaur Keuangan  itupun berdasarkan format Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Tanda tangan hanya Bendahara Desa yang dijabat oleh Staf saja.

“Mulai Tahun 2019 ini, sistem berubah lagi, bahwa posisi bendahara desa langsung dijabat oleh Kaur Keuangan. Untuk posisi Kepala urusan atau Kaur  tersebut diberikan kewenangan kepada Kepala Desa sebagai pimpinan,” jelasnya.

Untuk melakukan penilaian dan penugasan melalui mekanisme mutasi atau rolling jabatan yang dikonsultasikan dan diberikan persetuan tertulis oleh camat yang selanjutnya sebagai dasar Kepala Desa mengeluarkan SK (sesuai dengan Perda No.3 Tahun 2018 pasal 32).

“Tentunya tugas pokok seorang perangkat desa atau kaur adalah membantu kepala desa jadi bukan selalu membuat kegaduhan seperti yang dilakukan oleh Yohanes Darwin,”pungkasnya.

Seperti di ketahui Kaur keuangan Desa Benangen 2 di akun Facebook miliknya menulis “Saya kaur keuangan dari desa benangin 2,benar benar tidak pernah di libatkan untuk tanda tangan spj dana desa dari tahun 2015-2018,apalagi dana bumdes, siapa yang makan uang dana desa ataupun bumdes, merekalah yang tanggung jawab, dan saya tidak bersedia di rolling oleh kades benangin 2, yang berusaha menyingkirkan kaur keuangan dari jabatannya karna takut terbongkar kasus pemalsuan tanda tangan spj dana add maupun dd dari th 2015 sampai sekarang ini, keterangan saya ini sesuai fakta dan yang sebenar benarnya ,Benangin 2 kecamatan Teweh Timur kabupaten Barito Utara”.(TWNS1)