Hubungi Kami

BARITO TIMUR

Tumpung Ulung Rencanakan Bangun Jalan Usaha Tani

Published

on

Tamiang Layang – Program Dana Desa dari pemerintah pusat memang di akui oleh sejumlah Kepala Desa bahwa dana tersebut memang sangat menentukan kesejahteraan masyarakat ditingkat bawah.

Seperti yang diakui oleh kades Tumpung Ulung Kecamatan Pematang Karau, Kabupaten Barito Timur, Mahlani T, bahwa kesejahteraan dan kemajuan desa sangat bergantung pada dana desa tersebut.

“Kalau dana desa besar, maka kesejahteraan masyarakat dan kemajuan desa akan cepat nampak kelihatan. Sedangkan kalau sebaliknya, dana desa sedikit maka sedikit pula pembangunan yang akan dibangun. Tentu kemajuan desa juga akan lambat pula terwujud,” ujarnya belum lama ini.

Menurut Kades Tumpung Ulung Mahlani T, hampir semua pembangunan yang berdiri di desanya menggunakan dana desa dan Alokasi Dana Desa (ADD)

Baca Juga :   TMMD Sengkuyung I Terus Lakukan Perbaikan Jalan

“Pokoknya dana desa dari pemerintah pusat itu sangat membantu kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Dirinya memaparkan, tahun 2019 ini pihaknya mendapatkan kucuran dana desa kurang lebih Rp. 800 juta.

Dengan dana tersebut, lanjut kades, pihaknya akan merencanakan membangun jalan usaha tani sebanyak 6 titik dan somor bor 6 titik.

“Kami rencanakan bangun jalan usaha tani dan somor bor itu karena sangat dibutuhkan masyarakat. Makanya tahun ini menjadi prioritas,” jelasnya.

Menurutnya, pembangunan somor bor tersebut nantinya akan membantu masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Apalagi musim kemarau nanti air bersih sulit didapatkan.

“Begitupula dengan jalan usaha tani sangat membantu masyarakat untuk pergi maupun pulang membawa hasil perkebunan maupun pertanian kerumah dengan kendaraan,” pungkasnya. (TWN5)

id_IDIndonesian
id_IDIndonesian