Wajib Ganti Knalpot Sesuai Standar, Satlantas Polres Kapuas Juga Beri Edukasi Pelanggar Knalpot Brong

oleh -6 views

Wajib Ganti Knalpot Sesuai Standar, Satlantas Polres Kapuas Juga Beri Edukasi Pelanggar Knalpot Brong

 

Polres Kapuas – Satlantas Polres Kapuas jajaran Polda Kalteng serius menghadapi pelanggaran lalu lintas yang mengganggu kamseltibcarlantas terutama di bulan Ramadhan 1444H ini, yaitu penggunaan knalpot brong.

 

Dalam kegiatan tersebut, anggota Satlantas Polres Kapuas, Aipda Edwin Karambut, memberikan edukasi tentang penggunaan knalpot standar kepada pemilik kendaraan serta dampak penggunaan knalpot Brong dan aspek hukum yang menjerat penggunanya, Selasa (18/4/2023) pagi.

 

Kapolres Kapuas AKBP Kurniawan Hartono S.I.K. melalui Kasatlantas AKP Sugeng, S.E., M.M. mengatakan, penertiban terhadap kendaraan roda dua yang menggunakan knalpot brong tersebut merupakan hal yang tak bisa ditolerir.

 

“Dampak dari penggunaan knalpot tidak sesuai standar, dapat menimbulkan kebisingan dan mengganggu kenyamanan masyarakat. Selain itu, emisi gas buangnya dapat menggangu lingkungan hidup,” papar Sugeng.

 

Penggunaan knalpot racing atau brong melanggar 285 ayat 1 UU LLAJ, setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot di pidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu,” tutur Sugeng.

 

“Knalpot brong ini wajib diganti sesuai standar dan kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya anak-anak muda selalu mematuhi peraturan lalu lintas, dan tidak mengganti knalpot kendaraannya dengan knalpot brong, sehingga dengan kedisiplinan warga dalam berlalu lintas akan tercipta Kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif,” pungkasnya.