Wakil Bupati Atambua J.T Ose Luan, Hadiri Puncak Hari Kesehatan Nasional

119

TEWENEWS, Atambua – Wakil Bupati Belu, J.T. Ose Luan menghadiri acara puncak Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 Tingkat Kabupaten Belu di Halaman Puskesmas Wedomu, Sabtu, (24/11).

Tema HKN Ke-54 Tahun 2018 adalah “Aku Cinta Sehat” dengan Sub Tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita” Sub tema ini merupakan slogan yang harus kita gaung dan laksanakan sebagai insan kesehatan. Tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan Keluarga (PIS-PK), mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Peringatan HKN ke-54 ini juga merupakan momentum untuk mengubah upaya kesehatan yang bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif serta mengajak kita agar membiasakan diri untuk mengkonsumsi beragam sayur dan buah nusantara.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan dalam memperingati HKN ke-54 Tingkat Kabupaten Belu antara lain : Pemeriksaan Penyakit Tidak menular kepada masyarakat umum dan ASN lingkup Pemkab Belu; Pemeriksaan IVA; Pengobatan Gratis; Penyuluhan masyarakat terkait program Germas dan PIS-PK; Jalan Santai; Pembersihan Pasar Manleten; Lomba Senam (kreasi Germas dan PIS-PK) antar Puskesmas; dan Pemutaran Film.

Momentum HKN ke-54 ini sebagai pengingat publik bahwa derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya akan terwujud apabila semua komponen bangsa termasuk masyarakat, organisasi kemasyarakatan dan swasta berperan serta dalam upaya kesehatan dengan lebih memprioritaskan promotif dan preventif tanpa mengabaikan kuratif dan rehabilitatif, kesadaran untuk mengkonsumsi banyak buah dan sayur dalam rangka menggalakkan dan melembagakan Germas dan PIS-PK.

Baca Juga :   Kabupaten Belu Mendapatkan Peringkat I se-Provinsi NTT Berdasarkan Penilaian KPK

Hadir dalam acara puncak peringatan HKN Ke-54 ini, Kadis Kesehatan, Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kabag Umum, Direktur RSUD Mgr. Gabriel Manek, SVD, Para Camat, Kapolsek Tastim, Para Kepala Desa serta peserta HKN dari 17 Kecamatan se Kabupaten Belu.

Penyerahan secara simbolis kendaraan operasional kepada Puskesmas Kota, Atambua Selatan, Halilulik dan Ainiba.
Piagam Desa atau Kelurahan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) : Desa Duarato, Desa Lawalu, Lakmaras, Sarabau, Bauho dan Kelurahan Rinbesi.

Piagam Desa atau kelurahan Bebas Buang Air Besar Sembarangan (Open Defenction Free) kepada Desa Lasiolat, Fatuketi, Rinbesihat dan Kelurahan Berdao.
Penyerahan secara simbolis penghargaan dari Bupati Belu kepada BPJS Kesehatan Cabang Atambua dan 17 Puskesmas serta SMP dan SD atas upaya mensosialisasikan Kampanye Imunisasi MR.

Piagam Penghargaan Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Kabupaten Belu kepada dr. Meinita Ginting (Dokter Profesi), Maria Gaudensiana Wea (Profesi Farmasi), Marta Sila (Profesi Analis Kesehatan), Julius Nahak Seran (Profesi Perawat).

Lomba Senam Perengangan : Juara I – Puskesmas Atambua Selatan, Juara II – Puskesmas Kota Atambua, Juara III – Puskesmas Dilumil, Juara Harapan I – Puskesmas Umanen,  Juara Harapan II – Puskesmas Wedomu, Juara Harapan III – Puskesmas Ainiba dan Juara Favorit Puskesmas Haekesak. (Beres)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here