Wakil Bupati Bartim Pimpin Upacara Hari Otonomi Daerah

oleh -15 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, melaksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke-23 tahun 2019. Upacara itu dipimpin oleh Wakil Bupati Habib Said Abdul Saleh, berlangsung di halaman Kantor Bupati Bupati Bartim, Kamis (25/4/3019).

Peringatan Hari Otonomi Daerah yang ke 23 tersebut mengangkat tema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”.

Wakil Bupati Bartim yang membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo mengatakan, kemajuan yang dirasakan daerah berkat otonomi daerah sangat pesat.

Baca Juga :   Danramil 07/Kembangan Hadiri Pencanangan HUT Kota Jakarta ke-492

Menurunya, Otonomi daerah telah memberikan kemajuan bagi daerah. Karena muaranya adalah terwujudnya kesejahteraan. Mari kita kawal otonomi daerah untuk diisi kegiatan yang berorientasi melayani masyarakat dengan berbagai inovasi.

“Karena masyarakat melalui pelayanan menjadi partisipasi aktif. Juga meningkatkan daya saing dengan berprinsip kreativitas. Maka, berbagai kebijakan yang menyangkut kebutuhan masyarakat tidak perlu menjalani rentetan panjang,” kata lelaki yang ramah itu.

Baca Juga :   Dinas Pertanian Dan Peternakan Tinjau Ketersedian Stok Pangan

Otonomi daerah, lanjut dia, ternyata mendorong kehidupan yang demokratis, dari sentralistik demokratis jadi desentralisasi. Oleh sebab itu, berbagai aktivitas ekonomi daerah akhirnya bisa bertumbuh dengan pesat.

“Masyarakat adalah raja yang mesti dilayani. Maka, semua ASN di daerah harus memberi pelayanan yang terbaik. Pemerintah daerah harus mampu beradaptasi dengan kepentingan dan keinginan masyarakat,” tegasnya.

Meski demikian, lanjut Habib Saleh, memberi catatan pada pelaksanaan Otonomi Daerah. Dalam praktik maupun secara aturan masih perlu perbaikan dan penyempurnaan. Salah satunya memberi pedoman regulasi pada daerah. Dengan memberikan keadilan dan kepatutan pada masyarakat. “Mari kita naikkan kinerja dengan meningkatkan hubungan pemerintah yang sinergis antara daerah dengan pusat,” pungkasnya.

Baca Juga :   Ini Hasil Mediasi PT Trisula Kencana Sakti dengan Pihak Paguyuban Ladon Bin Gampir

Upacara tersebut, tampak dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Bartim Ir Eskop MAP, Kepala OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bartim dan seluruh ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bartim. (TWN5)