Wakil Bupati Habib Saleh Harapkan Panwascam Bekerja Jujur dan Adil

oleh -41 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah, melantik dan melakukan pengambilan sumpah janji Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se Bartim pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2020, di Aula Kantor Dinas Pertanian, Minggu (22/12/2019).

Sebanyak 30 orang Panwascam dilantik oleh Ketua Bawaslu Bartim Feryanto Marthen P, S. Kom, turut hadir Wakil Bupati, Ketua DPRD, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabag Ops Polres, perwakilan TNI dan Kejaksaan.

Baca Juga :   Hari Ini Kembali Bertambah Dua Orang Terpapar COVID -19 di Bartim

Dalam sambutannya Wakil Bupati Bartim Habib Said Abdul Saleh mengatakan “Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan sarana perwujudan kedaulatan rakyat, sekaligus sarana aktualisasi partisipasi masyarakat sebagai pemegang kedaulatan dalam penentuan jabatan publik”, ucap Habib Saleh.

Kepedulian masyarakat agar proses Pilkada berjalan secara jujur dan adil merupakan salah satu modal utama untuk mengawal proses Pilkada berkualitas jujur, adil dan demokratis.

Menurut Habib Saleh, Panwas merupakan tugas pengabdian terhadap bangsa dan negara, yang menuntut urusan dan keikhlasan. Anggota Panwas memiliki peran yang sangat penting agar pesta demokrasi dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga :   Tumpung Ulung Rencanakan Bangun Jalan Usaha Tani

Panwascam sebagai salah satu struktur penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan memiliki fungsi strategis dalam mewujudkan tujuan Pemilu itu sendiri.

Kepada seluruh jajaran Bawaslu di tingkat kabupaten maupun Panwascam, saya berpesan untuk bekerja secara jujur dan adil, serta mempelajari dan memahami peraturan-peraturan yang digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas, pesan Habib.

Panwas jangan bersikap diskriminatif, harus tegas didalam penanganan masalah, membangun komunikasi antar lembaga dan lebih mementingkan pencegahan daripada penindakan.

Baca Juga :   Polsek Seruyan Hilir Lakukan Pengamanan Vaksinasi Covid-19

Atas nama pribadi dan atas nama Pemkab Bartim, menyampaikan selamat kepada saudara-saudara yang terpilih sebagai anggota Panwascam. Disamping itu saya sampaikan pula ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bawaslu Bartim yang telah berhasil menyusun anggota Panwascam, serta semua pihak yang membantu terselenggaranya pelaksanaan pelantikan ini, pungkas Habib Saleh. (Ahmad)