Wanita Angkatan Udara Ulang Tahun ke 58 di Tahun 2021 Upacara Dipimpin Oleh Wakil Kepala Staf TNI AU

oleh -32 views

TEWENEWS, Manado – Pentak Lanud Sam Ratulangi Manado Wanita Angkatan Udara (WARA) ber-Hari Ulang Tahun ke 58 di tahun 2021. Upacara puncak peringatannya dipimpin oleh Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Wakasau) Marsdya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.D.S. Dihadiri oleh perwakilan Perwira Tinggi, Perwira Menengah dan Perwira Pertama WARA dalam ruang Auditorium Markas Besar TNI AU, Cilangkap, Jakarta.

Serta, secara virtual diikuti oleh Wara se-Indonesia, termasuk Wara di Pangkalan TNI AU (Lanud) Sam Ratulangi, yang mengikuti dengan seksama rangkaian acara di ruang Rapat Mako ‘Tentara Langit’ Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Kamis (12/08/2021).

Lima Srikandi Udara Lanud Sam Ratulangi Manado, sebagai Lanud yang berada dibawah komando Koopsau II, menyimak dengan seksama sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yang dibacakan oleh Wakasau dihadapan seluruh Wara Indonesia.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, Kasau mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada segenap Wanita Angkatan Udara dimanapun berada dan bertugas. Harapan Kasau, semoga Wara dapat senantiasa mengembangkan potensi diri sebagai prajurit TNI AU sekaligus mampu menjaga kehormatan diri sebagai wanita Indonesia.

Kasau mengatakan bahwa perjalanan bangsa Indonesia tidak pernah lepas dari peran kaum wanita.

Tidak sedikit wanita Indonesia yang turut berjuang bahu-membahu bersama prajurit pria untuk meraih kemerdekaan Negara Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, dalam organisasi TNI AU sendiri keterlibatan wanita juga sudah dimulai sejak tahun 1963, dalam berbagai bentuk penugasan militer yang baik langsung maupun tidak langsung diberbagai misi Operasi TNI AU.

Seiring berjalannya waktu, peran tersebut pun semakin meningkat dan beragam. Kini, prajurit wanita tidak hanya dilibatkan dalam tugas administratif belaka.

Tetapi juga di berbagai bidang lainnya, mulai dari operasi militer hingga misi perdamaian dunia.

Pada awal tahun ini, TNI AU juga telah mengirimkan perwakilan Wara dalam kegiatan _Women Peace and Security Symposium_ di Hawai.

Melalui keikutsertaan dalam kegiatan tersebut, diharapkan menambah pengalaman dan wawasan serta meningkatkan profesionalisme Wara.

Terlebih lagi, WARA dapat berdiri sejajar dengan para wanita hebat di berbagai Angkatan Udara negara lainnya.

“Seiring dengan peran WARA serta tantangan tugas TNI AU ke depan, maka penguasaan terhadap Ilmu Pengetahuan serta peningkatan wawasan menjadi sebuah kewajiban untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan.

Oleh karena itu, setiap Wara harus menumbuhkan budaya untuk belajar sepanjang hayat serta mendorong diri untuk meningkatkan literasi.

Sehingga kalian dapat menjawab berbagai tantangan tugas dimasa depan!”, kata Wakasau mengutip sambutan Kasau.

Turut hadir secara online dalam acara ini adalah Ibu Inong Fadjar Prasetyo, selaku Ketua Umum PIA Ardhya Garini sekaligus sebagai Ibu Winayadhati Kanya Sena.

Sedangkan hadir secara fisik, Wakil Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ibu Ana Fahru Zaini, Irjenau, Koorsahli Kasau, para Asisten Kasau, serta Kabagbinwara Letkol Kal Rachmi Restiani S.E.

Sebelumnya, Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 9 Daerah II Lanud Sam Ratulangi, Ibu Reni Satriyo Utomo didampingi Komandan Lanud Sam Ratulangi Marsma TNI Mohamad Satriyo Utomo, S.H., memberikan kado istimewa bagi lima Wara Lanud Sam Ratulangi.

Berupa bingkisan indah dan bermanfaat bagi Wara yang adalah seorang Ibu namun militan.

“Selamat Ulang Tahun Srikandi Udara Lanud Sam Ratulangi. Semoga makin kesatria, militan, loyal dan profesional”, pesan Ibu Reni Satriyo Utomo saat penyerahan bingkisan HUT kepada Mayor Sus Sanra Michiko Moningkey (Kapen); Mayor Sus Yeni Fitriana Luntungan, SH (Kakum); Kapten Sus Miryam Trivenny Manoppo (Kaurluhgakkum); Letda Pom Gesti Magdalena Sarante, S. Tr.Han (Danunitpaspom).

Serta kepada Serda Salsabila Devina Riyadi (Bintara Perawat Umum) sebagai Wara paling yunior di Lanud Sam Ratulangi.***(Authentifikasi: Kepala Penerangan Lanud Sam Ratulangi Mayor (Sus) Sanra Michiko Moningkey. Foto oleh Serda Ridwan.

L/p : Khairunan Domo