Warga Bireuen Sambut Baik Vaksinasi Massal Merdeka

oleh -22 views

TEWENEWS, Bireuen – Pelaksanaan vaksinasi Massal Mardeka berjalan sukses terlaksana dihalaman Kampus Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen pada, Rabu (06/10/2021).

Presiden meminta kepada seluruh jajaran TNI-Polri untuk turut menyukseskan program vaksinasi yang dibarengi dengan menjaga kedisiplinan masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

“Berkaitan dengan hal tersebut, Ditreskrimsus Polda Aceh bersama jajaran TNI dan Polres Bireuen, agar bersama-sama dengan Pemerintah Daerah ikut mendisiplinkan masyarakat Bireuen dalam melaksanakan protokol kesehatan, utamanya memakai masker, utamanya menjaga jarak. Tindakan lapangan, langkah-langkah lapangan dalam rangka kedisiplinan ini sangat penting,” ujar Kombes Pol Sony Sanjaya dalam keterangan pers usai pelaksanaan vaksinasi massal mardeka Kampus di UNIKI Blang Bladeh Jeumpa.

Lebih lanjut, Kombes Pol Sony Sanjaya Sik, mengatakan, Vaksinasi Massal Mardeka ini dalam upaya mendukung program Pemerintah Indonesia menargetkan penyuntikan vaksin pada bulan Oktober ini untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) dan menekan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bireuen agar masyarakat menjadi lebih produktif dan menjalankan aktivitas kesehariannya.

Selain itu, Sony Sanjaya, menunjuk Kompol Jatmiko, SH sebagai Koordinator dan Saifullah, ST sebagai Wakil Koordinator Vaksinasi Massal Merdeka.

“Kami memohon bantuan juga kepada masyarakat untuk selalu tetap mematuhi protocol kesehatan meskipun sudah melaksanakan vaksin,” harapnya.

Koordinator Vaksinasi Massal Merdeka, Kompol Jatmiko, SH Ikut menjelaskan Vaksinasi yang menyasar para Dosen, Mahasiswa, Guru, Siswa sekolah dan masyarakat Gampong/Desa tersebut selesai terlaksana pada sore Rabu (6/10) dihalaman gedung UNIKI Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireuen.

Menurut, Kompol Jatmiko, Setiap peserta yang telah selasai di Vaksin nantinya akan mendapat 1 (satu) kupon karung beras yang telah disediakan oleh panitia Vaksin Kampus UNIKI setempat.

Selain mendorong vaksinasi, kita juga melakukan kegiatan sosial, Langkah ini ditempuh untuk menarik minat masyarakat untuk melaksanakan suntik vaksin Covid-19.

“Hari ini bersyukur kita bisa melaksanakan Vaksinasi Massal Merdeka dikampus UNIKI Bireuen. Memang target hari ini adalah 1000 (Seribu) dosis vaksin untuk Masyarakat Bireuen yang kita harapkan nanti akan terus menuju di bulan November berikutnya target kita nanti bisa tervaksin semua,” ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Wakil Koordinator kegiatan Vaksinasi Massal Merdeka setelah pelaksanaan Vaksin ini berlangsung sukses, Saifullah, ST mengajak segenap lapisan masyarakat, Perangkat Desa, Pasantren dan Dayah di Kabupaten Bireuen untuk dapat melanjutkan Vaksinasi kedepan dalam upaya memutuskan mata rantai penyebaran Corona virus Deases Covid-19 serta menpercepat pemulihan kegiatan masyarakat Gampong dan ini semata – mata demi kesehatan dan keselamatan masyarakat.

“Kami berharap, ini dapat mendongkrak kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin sebagai salah satu bentuk usaha dalam rangka pemulihan ekonomi dan produktif dan menjalankan aktivitas kesehariannya,” pungkas Saifullah.

Dalam acara Vaksinasi Massal Merdeka di Kampus Uniki mewakili Bupati Bireuen dihadiri oleh Asisten I, Mulyadi SH dan Kadis Kesehatan Bireuen Dr. Irwan A.Gani. Dalam hal itu juga turut hadir Dr H. Amiruddin Idris SE,M,Si, Dandim 0111/Bireuen Letkol inf Zainal Abidin Rambe, Danyon 133 Letkol inf Suirwan,S.I.P dan Kepala Cabang PT. BAS Bireuen Junaidi Ramli, Camat Se-Kabupaten Bireuen dan Rektor, Dosen Uniki serta para tamu undangan lainnya yang bertempat disekitar Universitas Islam Kebangsaan Indonesia (UNIKI) Bireuen.

Tim pelaksana Vaksinasi Massal Mardeka Dr.Yani Rahmi menjelaskan, sebanyak 442 orang yang mendaftar diri untuk di Vaksinasi hanya 404 orang yang dapat vaksin hari oleh Vaksinator, Sementara 38 orang tidak bisa dilakukan vaksin berdasarkan hasil periksaan dan konsultasi dengan dokter tentang kesehatan peserta.

Selain dari itu, setelah dipastikan kondisi sehat peserta vaksin oleh tim dokter dan tidak menderita beberapa jenis penyakit, tim Vaksinator melakukan penyuntikan Vaksin.

“ Vaksinasi Massal Merdeka ini melibatkan Vaksinator di Enam Pukesmas dan Satu Klinik Urkes Polres Bireuen serta di bantu 60 tim medis pukesmas setempat ”. jelas  Ketua Klinik Urkes Polres Bireuen.(Mz039ACH)