Warga Desa Ini Mengeluh Banyak  Titik Jalan  yang  Rusak

oleh -53 views

TEWENEWS,Muara Teweh – Pemekaran Kecamatan Lahei  Barat  dari Kecamatan Lahei Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah  pada  tahun 2012 lalu selayaknya  di imbangi oleh  pembangunan inprastruktur  berupa  jalan yang menghubungkan ke sejumlah desa. 

Adapun desa yang sudah terhubung  seperti  desa lahei menuju  desa muara bakah,luwe hilir  ke luwe hulu,jangkang  baru  menuju  jangkang lama,desa  papar pujung ke desa  teluk malewai  dan dari desa  benao  menuju lahei ibu Kota Kecamatan Lahei.

Pembukaan  jalan antara dua kecamatan ini  melalui Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) secara bertahap di mulai  pada tahun 2013, TMMD yang mengarap jalan dan membuat jembatan dari  desa benao menuju teluk malewai ke desa luwe hulu.

Baca Juga :   Ops Zebra Telabang, Satlantas Polres Barut Imbau Warga Tertib Berlalulintas

Tahun 2014 TMMD dilanjutkan dengan sasaran tembus  dari desa luwe hulu ke lahei dan program itu juga disertai  pengerasan jalan dengan menggunakan okes (tanah bercampur pasir) oleh Pemerintah Daerah secara bertahap dan sebagian ada yang mengunakan cor rigit.

Pantauan di lapangan dari desa lahei  menuju luwe hilir terdapat  8 titik yang rusak parah,telihat ada  ruas jalan  yang tergenang  air dan  berlumpur,sebagian badan jalan sudah mengalami pergeseran yang dalam sehingga menyulitkan kendaraan roda empat  dan roda dua melintas  bahkan sebagian masyarakat berinisiatif membuat  titian  dari kayu (Matting).

Baca Juga :   Jelang Lebaran, Dandim 1013/Mtw Bersama Unsur Muspida Tinjau Pos Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H

Warga Desa Lahei Hendra (35) mengeluhkan  jalan saat ini sudah sangat memprihatinkan dan sulit untuk di lewati  baik oleh kendaraan roda empat maupun kendaran roda dua  sebab ada genangan air di 8 titik jalan Lahei Menuju Desa Luwe Hilir.

“Kondisi jalan saat ini sungguh sangat memprihatinkan seolah-olah tidak diperhatikan oleh dinas terkait,hal ini sangat menyulitkan bagi aktifitas masyarakat di sekitar yang mengunakan akses jalan tersebut,”ujarnya  melalui sambungan telpon,Senin (19/2/ 2018)

Kami  berharap  pemerintah daerah agar  memperbaiki sejumlah titik jalan yang rusak, karena jalan itu adalah akses dari kecamatan lahei ke arah  kecamatan lahei barat,dan dari desa nihan menuju desa nihan hilir.

Baca Juga :   Pererat Silaturahmi Babinsa 1013-05/Lampeong Komsos Dengan Aparat Desa

Hal yang sama di sampaikan Rudi (41) di ungkapkannya selain jalan lahei  menuju ke desa  luwe hulu, yang tidak kalah memprihatinkan juga jalan dari desa  luwe menuju  desa teluk malewai.

“Selain jalan yang rusak karena genangan air ada lagi  jalan yang berlobang karena longsor seperti di desa jangkang lama sebagian pinggir badan jalan tidak terpelihara bahkan jalan hampir tertutup oleh rumput dan belukar, “Pungkas. (agustian dan tim)