Warga Desa Muara Palantau Harapkan Peningkatan Akses Jalan Darat

oleh -95 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – warga Desa Muara Palantau Kecamatan Pematang Karau Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah, mengharapkan peningkatan akses jalan darat dan pembangunan Pustu kesehatan.

Harapan tersebut disampaikan warga pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Desa Muara Palantau.

Anggota DPRD Bartim Wahyudinnoor SP, MP usai mengikuti Musrenbangdes di Desa Muara Palantau menyampaikan “Masyarakat desa Muara Palantau meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) khususnya dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Pemukiman (PUPRKP) Bartim untuk memperhatikan akses jalan terutama akses jalan tembus”, ucapnya Via Whatsapp Rabu (20/01/2021)

Baca Juga :   DPMD Murung Raya Maksimalkan Pembinaan Aparatur Desa

“Khusus nya akses jalan darat untuk tembus dari desa ke kecamatan, ke kabupaten dan Kecamatan ke kecamatan lainnya,”bebern

Dilanjukannya, khususnya akses jalan darat untuk tembus dari desa ke kecamatan, ke kabupaten dan Kecamatan ke kecamatan lainnya karena saat ini masyarakat Desa Muara Palantau hanya bertumpu pada akses jalan sungai. Masyarakat Muara Palantau sangat berharap sekali hal tersebut untuk diperhatikan.

Ketua DPC PKB Bartim tersebut menambahkan, akses jalan dari desa Palantau ke desa Bambulung yang merupakan ibu kota Kecamatan Pematang Karau, mengalami kerusakan yang begitu parah di daerah areal PT. Heroes Green Energy (HGE) yang meupakan perusaahaan yang bergerak dibidang perkebunan sawit yang berjanji untuk memperbaiki.

Baca Juga :   Dengarkan Aspirasi Masyarakat, DPRD Bartim Gelar RDPU

“Namun sampai saat ini PT. HGE tidak pernah memperbaiki jalan tembus antara Muara Palantau dengan desa Bambulung, padahal PT. HGE banyak menggunakan akses jalan tersebut yang mana jalan tersebut merupakan jalan masyarakat”, ungkapnya.

Selain itu pengerjaan Ruas jalan Desa Dayu Kecamatan Karusen Janang – Muara Palantau pada tahun 2020 tidak selesai, diharapkan pada tahun 2021 ini agar dilanjutkan kembali peningkatan pada ruas jalan tersebut.

Selain akses jalan masyarakat Muara Pelantau yang hampir 1.600 jiwa, minimnya sarana kesehatan.

Baca Juga :   Kaukus Perempuan Parlemen Bartim Berikan Bingkisan Bagi Petugas Kesehatan

“Mereka tidak memiliki Puskesmas Pembantu (Pustu) yang layak, ada Pustu yang hanya peninggalan daerah Barito Selatan yang mana sudah tidak layak huni lagi,”imbuhnya

Maka diharapkan Pemda Bartim, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk memperhatikan fasilitas kesehatan di sana karna akses nya lumayan jauh dari kecamatan – Kecamatan dan Kabupaten yang lainnya.

“Pemkab Bartim juga diharapkan memperhatikan pelayanan – pelayanan publik di daerah Pematang Karau terutama desa Palantau”, pungkasnya (Ahmad Fahrizali).