Warga Gotong Royong Perbaiki Tanggul Sungai Angin yang Jebol

oleh -8 views

TEWENEWS, Banyumas – Ratusan warga di Grumbul Karet, Desa Sumpiuh, Kabupaten Banyumas, Senin pagi (18/3/19) bergotong royong memperbaiki tanggul Sungai Angin yang jebol akibat diterjang banjir pada Minggu (17/3).

Sebanyak 500 karung di gunakan untuk melakukan penambalan tanggul, karung tersebut di peroleh dari bantuan dinas BPBD Banyumas sebayak 200 karung dan dari DPU Banyumas 300 karung,penambalan tanggul di lakukan dengan cara karung yang terisi tanah ditumpuk menutup tanggul yang jebol sepanjang kurang lebih 4 meter. Menurutnya, perbaikan tanggul  ini sangat mendesak dilakukan mengingat luapan airnya sangat deras.

Baca Juga :   Dua Anggota Kepolisian Mendapat Kenaikan Pangkat

Menurut Ady Chandra Kepala Tagana Banyumas, Akibat yang di timbulkan dari banjir luapan Sungai Angin yang berada di Grumbul Karet Rt 02 Rw 04, Desa Sumpiuh, Kecamatan Sumpiuh, dan Sungai Raja juga kena dampaknya mengakibatkan terendamnya Grumbul Nusapule, Desa Nusadadi, Kecamatan Sumpiuh, genangan air telah memenuhi pekarangan dan akses jalan masuk ke Grumbul Nusapule.

Baca Juga :   Bupati Malaka dan PT.IDK "Membunuh" Pohon Mangrove Demi Kepentingan Garam Industri

“Ini masih darurat, yang penting air sungai tidak masuk ke persawahan warga dulu. Karena ada puluhan hektar sawah yang terancam rusak jika air kembali meluber, sebenerya untuk tanggul sungai yang ada di sumpiuh sebagian udah di tanggul permanen, karena sungai di daerah sumpiuh tipikal sungainya sama ada sungai angin, Sungai Reja, Sungai Gatel, Sungai Kece, jadi dalam pembuatan tanggulnya loncat loncat tidak berurutan,” kata Adi Chandra kepala Tagana Banyumas kepada media lewat pesan singkat whatshapnya.