Warga Gunung Purei Pertanyakan CSR PT Indexim Utama

oleh -123 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Puluhan tokoh masyarakat dari berbagai Desa di Kecamatan Gunung Purei “geram”, pasalnya, statemant wakil General Manager (GM) PT.Indexim Utama, Supri Mulyono pada saat konsultasi publik dengan masyarakat Gunung Purei di Muara Teweh pada bulan Maret lalu, pada momen tersebut Supri Mulyono mengatakan bahwa pihaknya selalu melaksanakan kewajiban perusahaan termasuk tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Menurut beberapa tokoh masyarakat, ungkapan wakil GM PT.Indexim Utama tersebut hanya isapan jempol belaka, dan jauh dari realita di masyarakat, sebab, hingga saat ini masyarakat disinyalir belum mendapat kejelasan terkait tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan pemegang hak pengusahaan Hutan (HPH) PT.Indexim Utama yang beroperasi di wilayah Kecamatan Gunung Purei khususnya di wilayah Desa mereka.

Baca Juga :   Inspektorat Banyak Temukan Mark-Up, Camat Gunung Purei Minta Kades, BPD Dan TPK Sinkron

Tokoh masyarakat Desa Linon Besi I, Benianto, mengungkapkan, bahwa pihaknya sangat kecewa terhadap manajemen PT.Indexim Utama yang sudah beroperasi lebih dari empat puluh tahun, namun kontribusinya untuk masyarakat dinilai sangat minim.

“Selama ini, kami belum merasakan kontribusi dari PT.Indexim Utama baik dalam pembangunan atau pemberdayaan kemasyarakatan, kami juga bingung kemana dana CSRnya, dan siapa yang menerima”, ungkap Benianto dengan nada kesal.

Baca Juga :   Ribut Soal Tanah Warisan, Ini Kata Ketua FPDMI Gunung Purei

Hal senada juga ditambahkan oleh beberapa orang tokoh masyarakat Desa Muara Mea, bahkan menurut mereka, PT.Indexim Utama terkesan sebagai perusahaan yang “pelit” saat diminta sumbangsihnya dalam pembangunan, hal tersebut disinyalir karena dana CSR perusahaan diduga kuat masuk kantong pribadi oknum Kepala Desa.

Pada hari selasa, tanggal 13 maret 2018 lalu, perusahaan pemegang hak pengusahaan hutan (HPH) PT.Indexim Utama menggelar konsultasi publik sertifikasi penilaian kinerja HPH PT.Indexim Utama di hotel Nusantara Muara Teweh dengan mengundang Kepala Desa serta masyarakat Gunung Purei khususnya beberapa Desa yang wilayahnya masuk dalam area operasional PT.Indexim Utama.

Baca Juga :   Diduga Serobot Tanah warga, Kades dan Ketua BPD Linon Besi I di Polisikan

Pada moment tersebut, wakil General Manager (GM) PT.Indexim Utama, Supri Mulyono mengatakan, dalam pengelolaan hutan juga ada konsultan yang berfungsi sebagai penilai kinerja perusahaan dalam melaksanakan kegiatan pengelolaan hutan secara lestari, serta monitoring dalam realisasi semua aspek kewajiban perusahaan.

“Dalam pengelolaan hutan selama lebih dari 35 tahun terakhir, PT.Indexim Utama telah banyak berkontribusi untuk masyarakat, kewajiban PSHDR dan CSR juga selalu kami laksanakan”, terang H.Supri.(Taufik /Tim)