Warga Minta PU Tangani Pembangunan Jalan ke Desa Sampirang-2

oleh -218 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Sejumlah jalan menuju desa di wilayah Kabupaten Barito Utara (Barut), Kalteng, perlu penanganan khusus. Salah satunya jalan menuju Desa Sampirang-2, Kecamatan Teweh Timur, sulit dilintasi karena rusak.

Infrastruktur darat tersebut masih kontruksi jalan tanah. Sehingga bila musim penghujan, menjadi licin berbahaya dilintasi. Bahkan ada beberapa aliran sungai yang tanahnya tergerus air, membuat badan jalan longsor.

“Paling parah di tengah ada sungai tanah tergerus air, menyerupai lobanag besar. Kalau tidak ditangai permanen akan rusak parah. Apalagi musim hujan, karena kontruksi masih berupa tanah”, ungkap Kades Sampirang-2, Wawat Sudiano, Jumat (6/3/2020).

Jalan menuju Sampirang-2 tersebut sepanjang 7 kilometer (km). Permohonan perbaikan jalan sudah diampaikan melalui surat resmi pada saat musrenbang kecamatan baru-baru ini di Benangin. Surat disampaikan kepada anggota DPRD Barut.

Menuju jalan ke Desa Sampirang-2, warga terlebih dahulu menyusuri ruas jalan Benangin-Simpang Datan. Di dekat Simpang Datan ada jalan masuk agak sempit. Itulah jalan sepanjang 7 Km menuju Desa Sampirang-2.

“Kita berharap kerusakan ditangani tahun ini. Agar akses lalulintas ke desa bisa menunjang aktivitas pekerjaan warga. Khususnya mobilitas barang bahan pokok. Selama ini jalan tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat”, jelas Wawat.

Disisi lain, Deson, warga setempat menambahkan, jalan itu pital maanfaatnya. Memang ada jalan lain dari Benangin 3 tapi tidak bisa dilalui kendaraan roda empat karena ada beberapa jembatan belum dibangun permanen. (Tim)