Warga Protes, Ada Oknum Anggota DPRD Barut Jual Lahan di Desa Karendan ?

oleh -1.800 views

TEWENEWS, Muara Teweh – Adanya rencana investasi dari perusahaan tambang batu bara di Desa Karendan Kecamatan Lahei, Kabupaten Barito Utara, Kalteng, menjadikan beberapa warga dan seorang oknum anggota DPRD melakukan penguasaan terhadap hutan dan lahan di areal tersebut.

Padahal di dalam Surat Keputusan Kepala Desa Karendan nomor : 590/01/PEM/DK/VII/2020 tanggal 06 Juli 2020, tentang Kepemilikan tanah dan tanam tumbuh berdasarkan hak dan asal usul di Desa Karendan telah memutuskan dan melakukan penetapan bahwa kepemilikan tanah, hak dan asal usul adalah milik Tawani Napiah dan warga Masyarakat Desa Karendan.

Informasi dari warga Desa Karendan rencananya perusahaan yang akan melakukan investasi tersebut adalah PT. Indo Tamangraya Megah sebagai Kontraktor Tambang dengan perusahaan pemegang IUP milik PT.Nusa Persada Rescue.

Warga Desa Karendan yang tidak mau namanya di tulis bahwa seorang Anggota DPRD bernama Jamilah telah menjual lahan di Desa Karendan seluas 59 hektare dengan jumlah uang Rp 427 juta. Padahal Tanah dan Lahan dalam hukum Pemerintahan Desa Karendan Lahan tersebut HP PT.WIKI.

” Ada apa ibu Jamilah menjual lahan di Desa Karendan, padahal dia bukan warga Karendan,” ujarnya kepada tewenews.com, Selasa (23/3/2021).

Saat di konfirmasi  terkait tudingan ada menjual lahan di Desa Karendan seluas 59 hektare, Jamilah yang menjabat sebagai Anggota DPRD Barut mengatakan mana Ada buktinya, saya segala jual lahan milik warga.

” Warga yang mana yang saya jual lahannya tolong hadapkan. Berita jangan meng ada-ada,” katanya melalui WhatsApp pribadinya.

Ia juga meminta untuk tunjukan siapa yang bawa berita ini karena ini bisa saya tuntut pencemaran nama baik.

” Hadapkan saya degan warga yang mengatakan saya menjual tanahnya, Ini bukan main-main ya, ini akan saya telusuri kalo mengada-ada akan saya tuntut pencemaran nama baik,” jelasnya.

Ketika tewenews.com mengirimkan bukti kwitansi transaksi jual beli, sampai berita ini di tayangkan Jamilah Anggota DPRD Barut tidak memberikan jawaban.(Tim)