Warga Teweh Timur Keluhkan Jalan Rusak

oleh -81 views

Tewenews, Muara Teweh – Warga Kecamatan Teweh Timur, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah terutama para petani di Desa Jamut, Mampuak I, Mampuak II ( Pantung ) dan Desa Sei Liju mengeluh karena masih banyak ruas jalan yang rusak parah.

Dwi (45) warga Desa Jamut mengatakan, dalam tiga bulan ini saja, dia harus menanggung kerugian Rp7 juta karena hasil pertanian tidak bisa diangkut dan membusuk. “Saya merugi tujuh juta rupiah,karena hasil pertanian tidak bisa diangkut dan biaya mengganti onderdil mobil dan sepeda motor akibat jalan hancur,” ujarnya  Kamis (1/2/2018).

Baca Juga :   Bhabinkamtibmas Lakukan Pengawasan Penyaluran Bantuan Pembangunan MCK Dana Desa Tinduk. 2021

Dwi yang juga pengurus BPD Desa Jamut ini mengaku, pihaknya sudah berulangkali mengusulkan perbaikan jalan kepada pihak terkait. Tetapi perbaikan secara menyeluruh belum terealisasi, Karena beberapa titik menuju Desa Jamut, Mampuak, Pantung, dan Sei Liju masih rusak parah.

Hal serupa dialami Bambang yang kendaraannya sedang mogok di sekitar Km 40, karena tidak bisa melewati kubangan lumpur. “Kami harus nekat melintas kubangan lumpur, karena membawa hasil panen jagung dan sayuran dari Pantung. Kalau lambat dibawa, hasil pertanian itu membusuk,” katanya.  

Baca Juga :   Sosialisasikan Karhutla, Bripka Gatot Kesuma sambangi perangkat Desa

Pantauan lapangan, kerusakan paling parah terjadi di sekitar Km 33 sampai dengan Km 40 pada ruas Jalan Simpang Km 30 menuju Benangin. Kemudian ada pula beberapa spot kerusakan di jalur Simpang Thamrin sampai ke Mampuak, dan kerusakan parah di ruas jalan Sei Liju ke Benangin.

Baca Juga :   Polsek Kapuas Timur Tak Lupa Semprotkan Cairan Desinfektan Di Mako Guna Mencegah Covid-19

Ketika diminta konfirmasi tentang perbaikan jalan di Kecamatan Teweh Timur, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) belum bisa memberikan keterangan, karena sedang berada di luar kota. “Tolong bapak hubungi Kepala Bidang Bina Marga, maaf saya masih di luar kota lagi cek up kesehatan,” katanya melalui pesan singkat (sms),Jumat (2/2/2018) siang. (*Ap/Ag)