Wisata Desa, Waduk Tanjungan Mojokerto Rujukan Wisata Tahun Baru 2019

oleh -299 views

TEWENEWS, Mojokerto – Ekowisata atau wisata berwawasan lingkungan, rupanya menjadi salah satu pilihan lokasi untuk mengisi liburan tahun baru 2019 . Seperti yang ada di Dusun atau Desa Tanjungan , Kecamatan Kemlagi , Kabupaten Mojokerto . Tempat wisata andalan warga ini, bernama Tanjungan kemarin kebanjiran pengunjung , Selasa (1-1-2019 ) .

Panorama alam yang berada di kawasan ini yang masih natural , serta hutan lindung berupa tanaman jati, membuat suasana menjadi sejuk . Tak heran , jika pengunjung dibuat betah dan ingin berlama -lama menikmatinya .

Untuk bisa menikmati ekowisata Tanjungan ini, pengunjung tak perlu merogoh kocek lebih dalam . Cukup dengan uang Rp 5 ribu , pengunjung sudah bisa masuk dan menikmati semua wahana wisata yang ada di dalamnya . Kecuali jika ingin naik perahu motor . Pengunjung diharuskan membayar Rp 10 ribu .

Baca Juga :   60 Orang Warga Bukit Sawit Diduga Keracunan Makanan Acara Pemberkatan Nikah

Waduk Tanjungan ini,merupakan lokasi wisata yang dikembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanjungan , dengan total area seluas 28 , 5 hektar . Di sini, pengunjung disuguhi bentangan waduk bernuansa alami seluas sekitar 14 ,3 hektar .

Hari(45 ), pengelola area ekowisata Tanjungan , mengaku kewalahan dengan membludaknya pengunjung diawal tahun 2019 ini. ia menaksir , membludaknya pengunjung pada liburan hari ini , berbeda jauh dengan hari libur biasanya , sekitar 200 persen .

“Biasanya tidak sebanyak ini, Meski hari libur pengunjungnya biasa -biasa saja . Kalau dihitung, kisaran 500 sampai 1 .000 orang . Itu sudah banyak. Tapi memasuki awal tahun 2019 ini pengunjung naik signifikan , sekitar 200 persen lebih , ketimbang hari libur biasanya ,” tambahnya.

Baca Juga :   Siswa Diktuk T.A 2021 Yang Berada Di Polres Kapuas Mendapat Kunjungan Team Supervisi Dari SPN

Hari mengaku , jika hari ini(kemarin_red) dirinya mendapat komplain dari pengunjung . Seperti fasilitas yang masih kuran memadai , terutama fasilitas toilet dan air bersih .

“Ini adalah masukan pada kita , terkait minimnya toilet. Kedepan, kita akan mengantisipasi . Kita akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Mojokerto untuk melengkapi sarana dan prasarana area wisata ini . Kita akan bangun toilet dan fasilitas- fasilitas penting bagi pengunjung sebanyak mungkin di dalam area,”jelasnya.

Ekowisata yang ada di desa tanjungan ini memang dalam tahap pengembangan , termasuk menambah beberapa wahana. Diantaranya pembangunan kolam renang.

Baca Juga :   Wisata Edukasi, Siswa-siswi TK Kartika III-26 Dim 0703 Cilacap Kunjungi Museum Soesilo Soedarman

Terlepas dari kurangnya fasilitas sarana dan prasarana bagi pengunjung , Toni , salah satu warga Ploso,Kabupten Jombang mengaku, cukup puas menghabiskan liburan tahun baru di Ekowisata Tanjungan. ia mengaku , panorama alam yang masih alami dan belum terkontaminasi polusi pabrik.

“Kalau boleh kasih saran pada pengembang, tolong pertahankan keindahan alam yang natural ini. Juga karena karcisnya murah , kita sudah bisa menikmati spot selfie atau wefie . Permainan anak – anak juga gratis . Juga makanan di dalam area wisata pun murah . Ini yang bikin kita senang berwisata di sini ,” jelasnya. (Joko)