WNA Asal Cina di Periksa Polda Kalbar Diduga Terlibat Perdagangan Orang Dengan Modus Kawin Kontrak

oleh -26 views
Keterangan Foto : Istimewa
Keterangan Foto : Istimewa

TEWENEWS, Pontianak – Polda Kalimantan Barat (Kalbar) memeriksa tujuh Warga Negara Asing (WNA) asal China yang diduga terlibat kasus perdagangan orang dengan modus kawin kontrak.

“Awalnya diamankan dua WNA Tiongkok di sebuah rumah mewah di Jalan Purnama, Kompleks Surya Purnama, Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu malam (12/6). Setelah dilakukan pengembangan, kembali diamankan lima orang,” kata Kapolda Kalbar, Irjen (Pol) Didi Haryono di Pontianak, Kamis (13/6) dikutip dari Antara.

Baca Juga :   Babinsa Koramil 03/GP Serda Joko, Monitoring Peremajaan RT04 KBS

Saat ini, pihak Polda Kalbar masih terus melakukan pemeriksaan terhadap ketujuh WNA asal Tiongkok tersebut, dan juga terhadap suami-istri yang menampung WNA yang melakukan kawin kontrak, serta seorang perempuan WNI korban kawin kontrak tersebut.

Baca Juga :   Di Beritakan Soal Kerja Proyek Gunakan Kendaraan Dinas, Keluarga Wartawan di Marahi

Sebelumnya, jajaran Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar dan Imigrasi Kalbar, menggrebek sebuah rumah mewah di Pontianak yang diduga menjadi lokasi tindak pidana perdagangan orang (TPPO).

Dalam penggerebekan tersebut, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa cap atau stempel, foto kopi KTP, kartu Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan lainnya.

Baca Juga :   Seorang Residivis Pencurian dan Pemerkosaan Kembali Berulah, Kali Ini Korbannya Dua Gadis Sekaligus

“Kami menemukan bukti yang kuat bahwa di rumah mewah tersebut menjadi tempat penampungan jaringan sindikat perdagangan orang dengan modus kawin kontrak, yang didukung oleh bukti seperti kwitansi pembayaran uang mahar kawin kontrak tersebut,” ungkap Didi.(TIM)