Zona Merah, Muspika Kapuas Hilir Gelar Rapat

oleh -54 views

TEWENEWS, Kuala Kapuas – Dengan dinyatakannya salah seorang warga Kapuas Hilir positif terpapar Virus Corona, muspika Kecamatan Kapuas Hilir semakin gencar mengadakan penanggulangan wabah ini. Setelah sebelumnya telah membentuk satgas Covid19, hari ini Rabu, 27 Mei 2020 mengadakan rapat yang langsung dipimpin oleh Camat Kapuas Hilir, Hj. Mahrita, S.AP., MAP.

Bersama dengan dua unsur pimpinan lain yakni Dan Ramil 1011/02 dan Kapolsek Kapuas Hilir, disepakati bersama bahwa pasar mingguan yang dilaksanakan di Kecamatan Kapuas Hilir, akan diatur sedemikian rupa, untuk mengurai kerumunan warga, sehingga paling tidak diharapkan akan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Peserta rapat terdiri dari Ketua UPTD Puskesmas Barimba, Ketua MUI Kecamatan Kapuas Hilir, Damang Kapala Adat, para Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Kapuas Hilir.

Indikasi potensi penyebaran covid19, salah satunya melalui kerumunan massa. Mengingat di Kecamatan Kapuas Hilir terdapat ada beberapa Kelurahan dan Desa yang menggelar pasar mingguan. Yakni Kelurahan Mambulau setiap hari Kamis, Kelurahan Dahirang hari Selasa, Kelurahan Barimba hari Minggu, Kelurahan Sei Pasah hari Jum’at dan Desa Saka Batur hari Kamis.

“Kita akan atur pasar mingguan ini dengan sedemikian rupa, dengan harapan akan dapat mengendalikan kerumunan warga. Namun, untuk menutup total, kami rasa itu masih belum perlu, mengingat kebutuhan warga dan matapencaharian pedagang tidak bisa kita abaikan”. Ucap Camat Kapuas Hilir. “Juga kita akan sedikit menyesuaikan jam operasional kapal ferry penyeberangan di Kelurahan Hampatung dan Dahirang khusus pada hari Sabtu, untuk membatasi pembeli dari Kapuas Hilir, menyeberang menuju Pasar Sabtu”. Tambahnya.

Selanjutnya, menindaklanjuti rapat ini, dalam pekan depan akan diadakan sosialisasi ke pasar-pasar di setiap hari efektifnya. Diharapkan semua warga dan pedagang dapat menerima kebijakan ini, untuk kepentingan dan keselamatan bersama.(J.A.)