Pemimpin BRI Cabang Buntok : Kehadiran Brilink Permudah Transaksi Masyarakat Hingga ke Pedesaan

oleh -222 views

TEWENEWS, Tamiang Layang – Kehariran Brilink mempermudah transaksi keuangan bagi masyarakat hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Hal tersebut diaampikan Pemimpin BRI Cabang Buntok, Iga Aditya “Kehariran Brilink mempermudah transaksi keuangan bagi masyarakat hingga ke tingkat desa dan kelurahan”, tuturnya usai mengikuti kegiatan sosialisasi peran serta Bank Rakyat Indonesia (BRI) kepada desa Brilian dalam rangka optimalisasi kepesrtaan masyarakat Badan usaha milik desa (Bumdes) se kabupaten Barito Timur (Bartim) provinsi Kalimantan Tengah tahun 2022 yang digelar di aula dinas pertanian kecamatan Dusun Timur, Kamis 2 Juni 2022.

Kegiatan sosialisasi dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Bartim, Habib Said Abdul Saleh beserta jajaran dan kepala dinas terkait serta kepala pemerintah desa se-Bartim.

Dilanjutkan Iga, terkait Desa Brilian, kehadiran BRI untuk memperdayakan ekonomi di desa melalui Bumdes, harapannya ekonomi di desa itu tumbuh berkembang mulai dari Bumdesnya.

“Kalau misalnya Bumdesnya aktif dari sekian banyak Bumdes itu yang aktif belum ada separo. Dan kita ingin BRI bergerak di situ dan kita ingin meningkatkan ekonomi masyarakat desa,” ucap Aditya.

Menurutnya sekarang tumpuan ekonomi Indonesia berada di desa dan dengan bergeraknya Bumdes, ekonomi Indonesia otomatis juga akan lebih cepat pulih dari pandemi Covid.

Aditya juga menjabarkan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut juga di presentasikan mengenai agen Brilink di Barito timur ini yang mencapai sekitar 182 lebih.

“Agen Brilink di Barito Timur itu bisa dibilang setiap desa ada satu atau bahkan lebih karena ada 101 desa dan agen Brilink ada 182 dan sudah tersebar keseluruhan desa,” jelasnya.

Pimpinan cabang BRI ini juga menjelaskan untuk desa brilian menggunakan sistem literasi yang berupa bimbingan dan pihaknya juga akan mensurvei di setiap desa agar dapat melihat langsung potensi dan komoditi atau item yang ingin ditonjolkan di desa tersebut.

“Katakanlah misalnya sentra pertanian mungkin atau mungkin ada desa yang mau menonjolkan sisi wisatanya. Nah kita coba datang ke sana kita pelajari nanti kita bantu untuk bisa ditingkatkan,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Aditya, untuk desa Brilian ini harapannya go digital. Jadi Desa ini ekosistemnya nanti jadi ekonomi digital kemudian sistem ke depan, pertumbuhan ekonomi nya berkelanjutan.

“Misalnya untuk masuk ke desa wisatanya atau mungkin objek wisatanya misalnya pakai giris BRI atau mungkin pembayaran parkir misalnya pakai giris BRI, jadi dia bisa bayar pakai shopeepay pakai Ovo pakai kopeepay pakai brimo juga bisa pakai mobile banking bank lain juga bisa,” ungkapnya.

Kemudian terkait dengan agen Brilink misalnya untuk transfer, jadi di Barito Timur ini kan kita punya kantor cabang 4 padahal wilayahnya sangat luas sehingga kita bisa menjangkau dengan agent Brilink itu tadi. Jadi kalau misalnya saya mau transfer tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor cukup ke agen Brilink aja yang lebih dekat, lanjut Aditya menjelaskan.

“Jadi kami membantu untuk mengembangkan saja dan pemasarannya kemudian juga kami melalui agen Brilink mempermudah masyarakat untuk bertransaksi,” pungkasnya (Ahmad Fahrizali)